Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Protokol CHSE Jadi Panduan Krusial Industri MICE di Era New Normal

Kompas.com - 09/12/2020, 08:00 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki era new normal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang terstruktur dan komprehensif.

Penekanan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE) menjadi panduan krusial bagi bisnis pariwisata, terutama yang menyangkut sektor Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE).

CHSE sendiri merupakan panduan operasional yang didasarkan pada Keputusan Meneteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Panduan CHSE untuk para stakeholders MICE sendiri telah disampaikan melalui proses sosialisasi kepada pada usaha di 9 kota desitansi wisata, dimulai dari 24 Septemer hingga 9 Oktoer 2020.

Baca juga: Melirik Bali sebagai Surga Lokasi Penyelenggaraan Event MICE

Sembilan kota tersebut diantaranya adalah Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten (mewakili Jakarta), Semarang, dan Batam.

Adanya sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman mengenai isi panduan kepada stakeholders MICE sehingga bisa sesuai pada saat pelaksanaan MICE.

“Adanya simulasi panduan CHSE di masa kenormalan baru menjadi penting agar tidak muncul kluster-kluster penyebaran Covid-19,” jelas Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemeparekraf, Rizki Handayani, dalam keterangan tertulis pada Selasa (8/12/2020).

Dalam penyusunan CHSE, Kemenparekraf bekerja sama dengan The Indonesian Convention and Exhibition Bureau (INACEB) dengan melibatkan masukan yang signifikan dari stakeholders MICE.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 4 Pilihan Venue MICE di Surabaya

Menurut penjelasan Rizki, aturan dalam CHSE sinkron dengan panduan yang dibuat oleh asosiasi dan industri MICE sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Lebih lanjut, Rizki berharap jika protokol CHSE bisa membantu wisatawan yang akan melaksanakan kegiatan MICE di Indonesia merasa aman dan nyaman.

“Kami berharap sektor MICE bisa kembali bangkit untuk memacu pertumbuhan dan kreativitas, jauh lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com