Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2020, 12:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau calon penumpang yang memilih untuk melakukan rapid test antigen di stasiun untuk melakukan tes paling lama H-1 sebelum tanggal keberangkatan.

Dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, antrean rapid test antigen yang ada di stasiun biasanya cukup padat.

Sehingga untuk menghindari risiko tertinggal kereta api, calon penumpang diimbau untuk melakukan rapid test antigen dengan rentang waktu yang cukup.

Baca juga: Naik KA Jarak Jauh Wajib Tes Rapid Antigen Mulai 22 Desember 2020

Jika calon penumpang tetap akan melakukan rapid test antigen di hari yang sama dengan hari keberangkatan, maka tidak disarankan untuk datang hanya tiga jam sebelum keberangkatan.
Tercatat telah ada 6700 calon penumpang yang melakukan rapid test antigen di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada 21 dan 22 Desember 2020.

Sementara per Rabu (23/12/2020) data terkini pukul 09.00 WIB, layanan rapid test antigen di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah melayani sekitar 2100 calon penumpang.

Syarat calon penumpang KA untuk melakukan rapid test antigen adalah dengan menunjukkan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran rapid test antigen. Tarif untuk rapid test antigen di stasiun adalah Rp 105.000.

Untuk mengatasi anteran yang mungkin terjadi di layanan rapid test antigen di stasiun, Daop 1 Jakarta telah menata alur layanan rapid test antigen dengan teratur.

Salah seorang calon penumpang kereta api jarak jauh tengah mengikuti rapid test antigen di Stasiun Kiaracondong Bandung, Senin (21/12/2020).Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNG Salah seorang calon penumpang kereta api jarak jauh tengah mengikuti rapid test antigen di Stasiun Kiaracondong Bandung, Senin (21/12/2020).

Tersedia ruang tunggu dengan kapasitas yang lebih memadai. Selain itu, areanya pun telah dipisahkan antara calon penumpang saat mendaftar, pengambilan sampel, sampai menunggu hasil.

Tak itu saja, tenaga pengambil sampel dan bagian administrasi untuk layanan rapid test antigen di masing-masing stasiun pun ditambah.

Saat ini, terdapat 25 tenaga kesehatan di Stasiun pasar Senen dan 15 tenaga kesehatan di Stasiun Gambir yang bertugas untuk layanan rapid test antigen ini. perlengkapan dan peralatan pendukung juga diakomodasikan lebih dari biasanya.

Secara total, terdapat 22 titik pengambilan sampel di Stasiun Pasar Senen, dan ada 10 titik di Stasiun Gambir.

Baca juga: Naik KA Jarak Jauh Harus Rapid Test Antigen, Bagaimana yang Sudah Rapid Antibodi di Stasiun?

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah memberlakukan ketentuan rapid test antigen sebagai syarat melakukan perjalanan kereta api untuk periode 22 Desember 2020 – 8 Januari 2021.

Hal tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Merujuk pada aturan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan rapid test antigen sejak Senin (21/12/2020) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

KAI juga sudah mewajibkan calon penumpang KA untuk menyertakan surat keterangan hasil rapid test antigen sejak Selasa (22/12/2020). Berkas rapid antigen berlaku maksimal tiga hari setelah tanggal rapid test antigen dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com