Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Sport Tourism Jadi Opsi Pelepas Pandemic Fatigue

Kompas.com - 06/01/2021, 08:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) dapat menjadi opsi bagi kalangan wisatawan tertentu.

“Ada yang disebut pandemic fatigue. Banyak masyarakat yang fatigue secara sembilan bulan lebih harus di rumah saja,” kata dia dalam rekaman suara yang Kompas.com terima, Selasa (5/1/2021).

Sandiaga melanjutkan bahwa pilihan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang sudah ingin berwisata dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, tetapi bisa sambil menjalankan hidup sehat.

Baca juga: Sandiaga Mau Gerak Cepat Gelar Sport Tourism dengan Protokol Kesehatan

Menurut Sandiaga, potensi tersebut dapat menumbuhkan ekosistem industri pariwisata, khususnya untuk jenis pariwisata berbasis olahraga.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan kepada sejumlah asosiasi cabang olahraga (cabor) untuk menyelenggarakan acara wisata olahraga di lima destinasi super prioritas.

Ilustrasi golf - Seorang pemain golf sedang bermain di padang golf.SHUTTERSTOCK / sattahipbeach Ilustrasi golf - Seorang pemain golf sedang bermain di padang golf.

“Terutama yang akan dikunjungi segera,” ujarnya.

Saat ini, sejumlah asosiasi cabor seperti golf, triathlon, dan marathon mengusulkan pagelaran acara wisata olahraga di Bali, Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Nantinya dalam pengembangan dan penyelenggaraan pariwisata berbasis olahraga, Sandiaga menegaskan bahwa akan mengusung konsep pariwisata berkualitas.

Baca juga: Selain Golf, Olahraga Lain akan Didorong dalam Pengembangan Sport Tourism

Pariwisata berkualitas adalah di mana seorang wisatawan melakukan pengeluaran yang tinggi ketika berkunjung ke suatu destinasi.

Guna mengembangkan pariwisata berbasis olahraga, Kemenparekraf bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pertemuan pun sudah dilakukan oleh Sandiaga bersama Menpora Zainudin Amali pada Selasa (5/1/2021) untuk membahas lebih lanjut rencana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com