Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serviced Residence, Akomodasi Alternatif Saat Libur Panjang dengan Keluarga

Kompas.com - 06/01/2021, 10:25 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Serviced residence atau sering juga disebut apartemen servis adalah salah satu jenis akomodasi berbentuk unit apartemen dengan fasilitas dan layanan lengkap layaknya hotel yang bisa disewa harian, bulanan, hingga tahunan.

Layanan dan fasilitas yang tersedia sama seperti yang bisa dinikmati di hotel pada umumnya. Mulai dari room service, housekeeping, laundry dan dry-cleaning, akses WiFi, dan masih banyak lagi.

Serviced residence biasanya punya ukuran kamar yang lebih luas daripada kamar hotel. Selain itu, perabot yang tersedia di dalamnya pun lebih lengkap.

Beberapa perabot yang tersedia di antaranya kompor elektrik, microwave, kulkas, ketel elektrik, juga alat makan seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, dan gelas. Beberapa jenis serviced residence bahkan menyediakan fasilitas mesin cuci.

Baca juga: Hotel Berkonsep Apartemen, Tren Baru Pilihan Menginap Saat Pandemi

Karena berkonsep layaknya apartemen, serviced residence biasanya memiliki ruang makan, ruang tamu, serta kamar tidur terpisah.

Serviced residence sering jadi alternatif akomodasi khususnya untuk tamu yang bepergian bersama keluarga dan/atau dalam jangka waktu yang lama karena dianggap lebih efisien.

“Dari segi harga, jika Anda bepergian bersama keluarga, tinggal di serviced residence biasanya lebih terjangkau karena Anda hanya perlu memesan satu unit apartemen dengan tipe satu, dua, atau tiga kamar tidur,” kata Director of Sales & Marketing Ascott Indonesia Christian Lo pada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Ruang tamu dan meja kerja di unit serviced residence Ascott IndonesiaDok. Ascott Indonesia Ruang tamu dan meja kerja di unit serviced residence Ascott Indonesia

Sementara jika menginap di hotel, tamu perlu memesan dua hingga tiga kamar sekaligus dengan harga yang bisa jadi lebih mahal.

Tak hanya fasilitas dan layanan dalam kamar, serviced residence juga biasanya menyediakan fasilitas publik yang bisa diakses secara bebas. Seperti gym, ruang sauna dan steam, kolam renang, lapangan tenis, dan ruang bermain anak-anak.

Baca juga: Tren Baru Saat Pandemi: Work From Hotel dan Apartemen

“Penghuni juga akan mendapatkan fasilitas kebersihan kamar atau layanan housekeeping setiap hari,” tambah Christian.

Serviced Residence dari Ascott Indonesia

Salah satu serviced residence yang bisa ditemukan di Indonesia adalah Ascott Indonesia. Ascott Indonesia memiliki beberapa tipe unit serviced residence, mulai dari tipe studio hingga tipe unit dengan tiga kamar tidur.

“Saat ini, Ascott Indonesia mengelola delapan properti termasuk tujuh serviced residence di bawah merek Ascott, Citadines, dan Somerset plus satu hotel,” papar Christian.

Kolam renang bersama yang bisa digunakan tamu di serviced residence Ascott IndonesiaDok. Ascott Indonesia Kolam renang bersama yang bisa digunakan tamu di serviced residence Ascott Indonesia

“Enam properti berada di Jakarta; Ascott Jakarta, Ascott Kuningan, Ascott Sudirman, Citadines Rasuna, Somerset Berlian, dan Somerset Grand Citra, satu di Surabaya - Ascott Waterplace Surabaya dan satu Hotel di Semarang - Oak Tree Emerald Hotel Semarang,” sambung dia.

Ascott Indonesia menawarkan beberapa jenis serviced residence, mulai dari tipe studio hingga tipe tiga kamar tidur. 

Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 970.000++ per malam untuk tipe studio di Ascott Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com