Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TN Alas Purwo Buka Lagi, Wisatawan Tidak Perlu Rapid Test

Kompas.com - 08/01/2021, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) sudah dibuka kembali pada Senin (4/1/2021).

“Sudah dibuka, tapi untuk goa masih ditutup. Semua bisa dikunjungi kecuali goa,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji kepada Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya masih membatasi kunjungan wisatawan sebanyak 500 orang per hari. Meski begitu, TN Alas Purwo tidak berlakukan sistem buka tutup.

Baca juga: Wisata Banyuwangi Tak Hanya Kawah Ijen, Ada TN Alas Purwo

Sebab, imbuh Probo, sejak dibuka kembali selama new normal pada pertengahan 2020, pihaknya tidak pernah menerima jumlah pengunjung hingga 500 orang atau lebih dalam sehari.

Untuk Savana Sadengan sendiri, kapasitasnya pun masih maksimal 50 wisatawan dengan sistem buka tutup.

“Sirkulasi pengunjung di TN Alas Purwo lancar. Dan rata-rata waktu pengunjung paling lama dua jam sehingga tidak sampai ada penumpukan pengunjung,” terangnya.

Tidak perlu bawa surat rapid test

Apabila ingin berkunjung ke TN Alas Purwo, Probo menuturkan bahwa saat ini wisatawan tidak perlu membawa hasil negatif rapid test antigen, antibodi, maupun swab PCR.

Adapun, syarat tersebut berlaku bagi wisatawan baik dari luar provinsi Jatim maupun dari dalam Jatim.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Meski begitu, sebelumnya wisatawan yang hendak berkunjung ke sana untuk menginap di Plengkung wajib membawa hasil negatif rapid test antigen.

“Respons dari pengunjung yang menginap di Plengkung sangat bagus. Mereka tidak keberatan dan puas dengan adanya pemeriksaan yang ketat,” ungkap Probo.

Pantai G Land yang terkenal dengan ombak yang tinggi dan cocok untuk surfing di Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Pantai G Land yang terkenal dengan ombak yang tinggi dan cocok untuk surfing di Banyuwangi, Jawa Timur.

Meski saat ini TN Alas Purwo tidak memiliki syarat apa pun terkait rapid test atau swab PCR, Probo menegaskan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi.

“Kalau pun nanti ada SE baru terkait PSBB Jawa-Bali, kami TN Alas Purwo akan mengikuti,” katanya.

Baca juga: Banyuwangi ke Lombok Kini Bisa Langsung Naik Kapal Feri

Dia melanjutkan bahwa jika ada arahan baru, pihak tempat wisata tersebut akan berkoordinasi lebih lanjut. Untuk saat ini, Probo berharap dalam arahan selanjutnya terdapat syarat rapid test.

Bagi yang ingin berkunjung, Probo menyarankan agar wisatawan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi dan membawa surat pernyataan bertanggung jawab dengan materai Rp 6.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com