Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Lagi, Wisata Dusun Semilir di Semarang Terapkan Aturan Baru

Kompas.com - 11/01/2021, 20:30 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Wisata Dusun Semilir di Bawen, Semarang telah kembali dibuka sejak 12 Desember 2020 silam setelah ditutup selama kurang lebih dua minggu akibat adanya pelanggaran protokol kesehatan.

Untuk memastikan hal yang sama tidak terulang, pengelola Dusun Semilir telah mempersiapkan beberapa aturan baru yang lebih ketat.

Aturan baru tersebut termasuk menerapkan pembatasan sesi kunjungan wisata menjadi dua sesi dalam sehari dan juga kenaikan harga tiket masuk.

Baca juga: 6 Aktivitas Seru di Dusun Semilir, Pas untuk Libur Akhir Pekan

“Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke Dusun Semilir sesuai dengan instruksi dari pemerintah yaitu kapasitasnya hanya 50 persen dari kuota yang sebenarnya,” jelas Marketing Communication & Event Supervisor Dusun Semilir Irene Shinta Dewi pada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Pembatasan dua sesi kunjungan

Ada dua sesi kunjungan yang dibuka untuk para wisatawan Dusun Semilir dalam sehari. Sesi pertama adalah pukul 09.00 – 13.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.30 – 19.00 WIB untuk hari biasa.

Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.dok. Dusun Semilir Eco Park Tempat wisata bernama Dusun Semilir Eco Park di Semarang.

Untuk penjualan tiket sudah bisa dilakukan sejak pukul 09.00 WIB untuk sesi pertama. Gerbang penjualan tiket akan ditutup pukul 11.30 WIB. Gerbang penjualan tiket akan dibuka kembali pukul 13.30 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB.

Sementara untuk akhir pekan dan libur nasional, sesi pertama kunjungan tempat wisata ini dimulai pukul 08.00 – 13.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.30 – 19.00 WIB.

Penjualan tiket akan dibuka pukul 08.00 – 11.30 WIB untuk sesi pertama. Sementara sesi kedua, gerbang penjualan tiket akan dibuka pukul 13.30 – 17.00 WIB.

Tak hanya pembatasan jumlah pengunjung dan pembagian sesi kunjungan saja, pengelola Dusun Semilir juga menetapkan untuk menaikkan harga tiket masuk ke Dusun Semilir. Tujuannya untuk mengurangi jumlah pengunjung yang datang.

Kini, harga tiket masuk ke Dusun Semilir menjadi Rp 35.000 di hari biasa dan Rp 55.000 di akhir pekan atau libur nasional.

Baca juga: Belajar dari Dusun Semilir yang Ditutup, Bagaimana Seharusnya Protokol Kesehatan di Tempat Wisata?

Pengawasan protokol kesehatan

Selain mengontrol jumlah pengunjung yang masuk, Irene juga memastikan pihaknya akan serius melakukan pengawasan terkait protokol kesehatan yang dilakukan para wisatawan.

“Kami mempunyai pos-pos Satgas Covid-19 dan juga petugas yang selalu mengingatkan di lapangan,” terang Irene.

Tak itu saja, setiap lima menit sekali pihak Dusun Semilir juga akan memberi pengumuman lewat pengeras suara agar para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

Irene mengatakan bahwa Dusun Semilir tidak akan melakukan pemeriksaan hasil bukti rapid test antigen yang dibawa wisatawan khususnya yang berkunjung dari luar daerah.

Wahana Prosotan di Dusun Semilir yang viral di media sosial.KOMPAS.com/IST Wahana Prosotan di Dusun Semilir yang viral di media sosial.

Syarat hasil bukti nonreaktif rapid test antigen tersebut hanya berlaku untuk tamu Dusun The Villas saja yang masih berada dalam satu kawasan dengan tempat wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com