Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Harga Tiket Masuk Puncak Dabo di Samarinda, Kaltim

Kompas.com - 12/01/2021, 09:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Apabila ingin foto-foto sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang menyelesaikan tugasnya menyinari Kota Samarinda, Puncak Dabo merupakan pilihan yang tepat.

“Puncak Dabo sudah ada dari sekitar 2008-2009. Basecamp Damai Borneo, tempat kumpul para pemuda. Tapi baru dibangun jadi tempat wisata pada 2018 akhir,” kata Ketua Pengelola Puncak Dabo Samarinda bernama Irwan kepada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Selain berfoto-foto di sejumlah spot kekinian dan menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa santai sejenak di gazebo atau berkaraoke ria bersama teman-teman.

Rute menuju Puncak Dabo via Jembatan Mahkota 2

Puncak Dabo berlokasi di Jalan Damai nomor 34, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa memulai perjalanan dari area Jembatan Mahkota 2 di Jalan Kapten Soedjono. Aj–Jalan Jembatan Mahkota 2.

Jarak dari area Jembatan Mahkota 2 menuju Puncak Dabo adalah 4,4 kilometer (km) atau sekitar 13 menit menggunakan mobil.

Dari area jembatan, kamu hanya perlu berjalan lurus di sepanjang di Jalan Kapten Soedjono. Aj melewati SPBU dan tiba di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda.

KKP tersebut terletak dekat dengan perempatan. Ambil belokan ke arah kiri menuju Jalan Sejati dan melewati sejumlah tempat makan.

Baca juga: Pulang Kampung ke Samarinda, Jangan Lupa Oleh-olehnya

Tetap berjalan lurus hingga tiba di pertigaan yang mana di sisi kiri jalur terdapat Kelurahan Selili. Dari sana, ambil belokan ke arah Kanan di sepanjang Jalan Sultan Alimuddin.

Kamu hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalur utama yang cukup berliku hingga menemui Planet Ban Otista Samarinda di sisi kiri jalur, tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 4, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir.

Tempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.dok. Puncak Dabo Tempat wisata di Samarinda bernama Puncak Dabo yang memiliki beragam spot foto dengan pemandangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Jarak dari Kelurahan Selili hingga akhirnya tiba di Planet Ban Otista Samarinda adalah 1,7 km atau sekitar enam menit.

Tempat tersebut berada dekat belokan ke arah kanan. Ambil belokan tersebut dan tetap berjalan lurus di sepanjang Jalan Damai melewati Mushalla Al-Hamid.

Tempat ibadah yang berada di sisi kiri jalur hanya berjarak 67 meter dari Puncak Dabo yang terletak di sisi kanan jalur. Jika bingung, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar untuk diarahkan ke tempat wisata tersebut.

Rute menuju Puncak Dabo via Taman Samarendah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com