Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Malang: Ada 4 Jenis Wisata di Kota Malang

Kompas.com - 18/01/2021, 19:07 WIB
Andi Hartik,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, terdapat empat jenis wisata di Kota Malang, yakni wisata kota, wisata kuliner, wisata halal serta wisata heritage dan religi.

Untuk wisata kota, Kota Malang mengembangkan kampung tematik. Yang paling terkenal dan paling banyak dijujuki wisatawan adalah Kampung Warna-Warni dan Kampung 3G.

Tidak hanya itu, Kota Malang juga menyimpan berbagai taman kota dan pusat perbelanjaan untuk jenis wisata kota.

Baca juga: 5 Wisata Instagramable di Sekitaran Kota Malang, Ada Batu Love Garden

Sedangkan untuk wisata kuliner, Sutiaji mengatakan bahwa Kota Malang memang menyimpan berbagai kuliner khas, seperti bakso, orem-orem, keripik tempe, dan cwi mie.

Ilustrasi Malang - Tempat wisata Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang.SHUTTERSTOCK / DENIS MOSKVINOV Ilustrasi Malang - Tempat wisata Kampung Warna-warni Jodipan di Kota Malang.

"Wisata kuliner masuk dalam tiga besar subsektor ekonomi kreatif prioritas pada saat assesment dengan Bekraf. Malang sejak dahulu terkenal dengan ragam kulinernya, termasuk makanan olahan modern," kata Sutiaji di Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (18/1/2021).

Adapun untuk wisata halal, Sutiaji mengaku bahwa sektor wisata tersebut untuk menangkap peluang wisatawan mancanegara. Menurutnya, banyak wisatawan dari berbagai negara yang tertarik dengan wisata halal.

Baca juga: Syarat Liburan ke Kota Malang, Wajib Rapid Test Antigen atau Antibodi

"Potensi turis yang mencari wisata halal makin meningkat seiring menguatnya perekonomian di Asia dan Afrika. Kita perlu menangkap peluang ini dengan mengoptimalkan berbagai aspek," katanya.

Kampung Tridi 3D Malanginstagram.com/kampung_tridi Kampung Tridi 3D Malang

Terakhir adalah potensi wisata heritage dan religi. Kota Malang memiliki sejarah panjang sejak masih berupa kerajaan. Berbagai bukti peninggalan kerajaan masih ditemui di Kota Malang.

Tidak hanya itu, bangunan peninggalan Belanda juga masih banyak di Kota Malang. Sebagian dari bangunan itu sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Baca juga: 5 Wisata Hits dan Instagramable di Kota Malang, Pas untuk Liburan

"Kota Malang punya warisan sejarah lengkap, mulai dari era kerajaan Hindu, Islam, kolonial, hingga era kemerdekaan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com