Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Desa Wisata Versi Kemenkop UKM?

Kompas.com - 21/01/2021, 12:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.comDesa wisata merupakan salah satu berbagai program wisata lain yang akan dipercepat pengembangannya oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Namun selain dari Kemenparekraf, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) juga ingin mengembangkan desa wisata melalui sebuah ekosistem yang saling terhubung.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria Simanungkalit mengatakan, fokus pemberdayaan sektor pertanian, pariwisata, furnitur, dan kuliner akan digabung menjadi suatu kesatuan.

“Kami ingin buat suatu ekosistem yang saling terintegrasi agar suatu sektor tidak jalan sendiri termasuk industri pariwisata. Kita ingin bangun dalam suatu ekosistem yang utuh lewat desa wisata,” ujarnya.

Hal tersebut dia sampaikan dalam webinar Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA) bertajuk “Membangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia Melalui Wisata Petualangan” pada Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Homestay Desa Wisata Gerupuk, Penginapan Terjangkau Saat MotoGP Mandalika

Terkait pariwisata, Victoria berharap sektor tersebut dapat menghubungkan sejumlah sektor yang telah disebutkan agar bisnis dalam desa wisata bersifat berkelanjutan.

Meski begitu, dia menegaskan, dalam pengembangan ekosistem yang saling terhubung dalam desa wisata tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

“Konsep wisata yang saling terhubung antar semua aspek dalam suatu daerah ini yang ingin dikembangkan,” jelas Victoria.

“Usaha itu harus mampu memasukkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya. Contoh potensi pertanian, laut, industri kreatif, dipadu menjadi industri pariwisata,” sambungnya.

Baca juga: Wisata Petualangan Bisa Dikembangkan di Desa Wisata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com