Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Puncak Mulai Pulih Setelah Diterpa Banjir Bandang

Kompas.com - 21/01/2021, 14:35 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Titi Sugiarti mengatakan bahwa kondisi tempat-tempat wisata di Puncak, Bogor yang terdampak banjir bandang, Senin (18/1/2021) sudah mulai pulih kembali.

“Untuk Evergreen Villages sudah selesai permasalahannya sudah clear, kemarin pas dicek tidak ada kerusakan apa-apa. Hanya kerusakan pipa dan sudah diperbaiki mandiri oleh manajemen,” kata Titi pada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Terkait pemberishan lumpur bekas banjir bandang, sudah selesai dengan bantuan Pemadam Kebakaran UPT Ciawi dan keadaan pun sudah kembali normal.

“Untuk saluran air dari anak Sungai Cisampay sudah bersih tidak ada sumbatan lagi. Walaupun kondisi debit air di depan pintu masuk front office Evergreen masih terlihat sangat tinggi,” lanjut Titi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Terdampak Banjir Bandang di Puncak Bogor

Ia memastikan pihak manajemen hotel akan terus waspada untuk mengantisipasi kondisi saluran tersebut yang merupakan anak aliran sungai dari Kali Cisampay.

Sebelumnya, sebagai dampak dari banjir bandang yang melanda kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, ada lima tempat wisata yang terdampak. Yakni Kampung Batik, Agro Gunung Mas, Kawasan Wisata Perkebunan Agro Gunung Mas, Desa Wisata, dan Evergreen Villages.

Pendistribusian bantuan

Terkait pendistribusian bantuan oleh Disbudpar Kabupaten Bogor, Titi mengungkapkan kini telah dilakukan pendistribusian masker tahap awal kepada pihak tempat wisata Gunung Mas.

Baca juga: Ada Video Banjir di TN Baluran, Benarkah Itu di Kawasan Wisata?

“Sudah kami distribusikan sebanyak 1.175 masker kain dan donasi awal dari pengumpulan pakaian layak untuk anak-anak khususnya kepada pihak Gunung Mas,” papar Titi.

Selain itu, pihak Disbudpar juga telah datang langsung ke lokasi wisata yang terkena dampak bencana bersama dengan perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta Asosiasi Desa Wisata (Adesta).

“Hari ini juga ada dari unsur Disbudpar lagi yaitu dari Bidang Kemitraan, SDM dan Ekonomi dan Adesta yang akan ke lokasi Desa Wisata yang ada di kawasan Agro Gunung Mas yang juga lokasi desa wisatanya termasuk kampung batik terdampak banjir bandang,” pungkas Titi.

Lokasi yang akan ditinjau lebih lanjut, termasuk untuk pemberian bantuan, adalah Desa Wisata Tugu Selatan dan Agro Gunung Mas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com