Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Kemaro Bakal Ada Wisata Air

Kompas.com - 22/01/2021, 13:40 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, memunculkan konsep wisata air pada pengembangan tempat wisata Pulau Kemaro, delta di Sungai Musi.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pemerintah kota berkomitmen untuk menjadikan Pulau Kemaro layaknya tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol di DKI Jakarta.

“Kami berharap dengan ada destinasi unggulan ini dapat mendongrak kunjungan wisatawan hingga 6 juta orang per tahun,” kata Harnojoyo, Kamis (21/1/2021), seperti dilansir dari Antaranews.

Baca juga: Tempat Wisata Favorit di Palembang, Pulau Kemaro yang Melegenda

Ia mengatakan pada 2021 mulai dilakukan percepatan, mulai dari branding (pelabelan), promosi, pembangunan infrastruktur dan lainnya.

"Kami ingin Palembang memiliki ikon baru, yakni wisata air dan mengembalikan julukan Venesia dari Timur," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, untuk pengembangan pusat wisata air itu pemkot akan menggunakan dana Corporate Sosial Responbilty (CSR) dari BUMN, seperti Angkasa Pura, Pelindo, Pusri, Pertamina, PLN.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, Pemkot Palembang juga mengundang investor untuk menanamkan modal di kawasan Pulau Kemaro itu yang memiliki luas sekitar 25 Hektare.

Selama ini, Pulau Kemaro hanya ramai saat perayaan tahunan Cap Goh Meh dengan kunjungan wisatawan mencapai 40.000 orang.

"Tentu kami tidak hanya menggunakan dana APBD saja, tapi juga perlu dukungan investor karena butuh sekitar Rp1,4 Triliun, mulai dari bangun apartemen, pusat jajanan kuliner, wahana air anak-anak, resor, dll," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com