Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batam Gelar Turnamen Golf Internasional pada Maret 2021

Kompas.com - 24/01/2021, 13:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Turnamen golf bernama International Batam Golf Championship Series 2021 rencananya akan berlangsung pada 20-21 Maret 2021 untuk Series 1.

Berdasarkan keterangan pers yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu (24/1/2021), Series 2 akan berlangsung pada 20-21 November.

Dalam peluncuran International Batam Golf Championship Series 2021 di Padang Golf Sukajadi di Batam, Jumat (22/1/2021), Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan turnamen yang diinisiasi oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kota Batam dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam Jadi Rajagukguk.

“Saya sangat mengapresiasi, ini menunjukkan semangat yang luar biasa dari masyarakat Kota Batam dalam upaya membangkitkan kembali sektor ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya wisata olahraga golf,” tuturnya.

Baca juga: Pegiat Wisata Golf Diimbau Saling Bantu di Tengah Pandemi Covid-19

Dia melanjutkan, pengembangan pariwisata Indonesia ke depan akan mengedepankan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Wisata olahraga atau sport tourism, ujar Sandiaga, merupakan salah satu contoh dari pariwisata berkualitas yang diharap akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, pengeluaran rata-rata wisatawan mancanegara (wisman) yang bermain golf di Indonesia per kunjungan adalah 5.000-6.000 dolar AS atau sekitar Rp 70-84 juta. Wisata golf juga berhubungan dengan gaya hidup sehat.

“Dengan potensi sebesar itu, tentu kita harus bisa menangkap peluang,” kata Sandiaga.

Baca juga: Lapangan Golf di Indonesia Akan Disertifikasi untuk Tarik Turis Asing

Dia berharap saat turnamen digelar pada Maret, vaksinasi Covid-19 tahap pertama sudah selesai dilakukan. Dengan begitu, pemain golf internasional diperkirakan dapat ikut serta dalam turnamen.

Jika dilihat secara potensi, Sandiaga mengatakan bahwa ada kemungkinan negara-negara di luar lingkup ASEAN dapat berpartisipasi.

“Bulan Maret ini kita harapkan tahap pertama vaksin sudah selesai, dan kondisi sudah memungkinkan bisa ada penambahan jumlah kegiatan sehingga mendorong terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” ucapnya.

Baca juga: Wisata Golf Masuk Pariwisata Berkualitas, Pengeluaran Wisatawan Lebih Tinggi

Sementara itu, Jadi menuturkan, wisata golf merupakan salah satu andalan sektor pariwisata Kota Batam. Biasanya, sekitar 1.000-3.000 pemain golf bermain di berbagai lapangan golf di sana.

“Dengan acara ini, kami berharap dapat menumbuhkan kembali geliat perekonomian Kota Batam. Kita harus gerak bersama, termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com