Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata di Samosir bakal Makin Dikembangkan, Ini Caranya

Kompas.com - 01/02/2021, 17:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan mengatakan, saat ini pihaknya bakal makin mengembangkan sejumlah tempat wisata di sana.

“Kalau secara rencana pengembangan, obyek wisata di Samosir lebih kurang 43, belakangan ini bertambah lagi lima. Hampir 50 obyek wisata,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Adapun, beberapa tempat wisata yang ada di Samosir, antara lain adalah kawasan Tuktuk Siadong, Batu Kursi Parsidangan Siallagan, Museum Hutabolon, Pantai Pasir Putih Parbaba, Aek Rangat Pangururan, dan Menara Pandang Tele.

Baca juga: Air Terjun Efrata Samosir, Tempat Wisata Indah dekat Danau Toba

Selanjutnya ada Dolok Holbung Sipege, Air Terjun Efrata, Batu Hobon, Pantai Indah Situngkir, Batu Marhosa, Pantai Pasir Putih Sipinggan, Aek Natonang, dan Perkampungan Siraja Batak.

Kemudian ada Mual Boru Sarunding, pendakian Gunung Pusuk Buhit, Danau Sidihoni, Bulu Turak, Aek Sipalionggang, Hariara Maranak, Area Paralayang Siulakhosa, Pantai Langat, dan Liang Sipogu.

Ajak biro perjalanan untuk jual paket wisata

Pengembangan wisata di Samosir akan dilakukan melalui promosi. Dumosch mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang biro-biro perjalanan ke sana pada Februari 2021.

“Kalau kita hanya fasilitasi. Kita akan undang teman-teman biro perjalanan untuk mengadakan focus group discussion (FGD) mengenai paket-paket yang mereka bisa kemas. Kita undang ke Samosir, kasih gambaran obyek-obyek wisata,” ujar dia.

Tempat wisata bernama Air Terjun Efrata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir | https://visitsamosir.com/).dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir | https://visitsamosir.com/ Tempat wisata bernama Air Terjun Efrata di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir | https://visitsamosir.com/).

Nantinya, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir akan memberi sejumlah informasi terkait tempat wisata di sana, seperti jarak antara tempat wisata, fasilitas yang tersedia, dan sejumlah data lainnya.

Melalui informasi tersebut, Dumosch berharap agar biro perjalanan yang diundang nanti dapat mengemasnya menjadi paket perjalanan wisata Samosir yang menarik.

Baca juga: 4 Wisata Samosir, Sumatera Utara, Puas Nikmati Indahnya Danau Toba

“Ini yang nanti akan diajukan ke kawan-kawan di biro perjalanan wisata. Dari kita ibaratnya ada data untuk panduan bagi mereka untuk jual melalui paket,” katanya.

Berbicara tentang jarak antara tempat wisata, di dekat Danau Toba terdapat empat tempat wisata yang dapat dikunjungi dalam satu hari karena jaraknya saling berdekatan.

Adapun, empat tempat wisata tersebut adalah Bukit Holbung, Menara Pandang Tele, Air Terjun Efrata, serta Bukit Sibea-bea yang rencananya akan dibuka untuk umum pada pertengahan 2022 saat seluruh kawasan sudah ditata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com