Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grojogan Watu Purbo Tetap Buka meski Gunung Merapi Berstatus Siaga

Kompas.com - 03/02/2021, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Pokdarwis Grojogan Watu Purbo Maryono mengatakan, tempat wisata Grojogan Watu Purbo masih bisa dikunjungi oleh wisatawan meski Gunung Merapi menyemburkan awan panas, Minggu (31/1/2021).

“Watu Purbo tetap buka. Lokasi wisata masih dalam jarak aman, 17 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Untuk diketahui, hanya pelaku wisata yang berjarak 5 km dari puncak Gunung Merapi yang direkomendasikan untuk tidak melakukan kegiatan selama status gunung tersebut masih siaga atau Level III.

Baca juga: Viral Air Terjun 6 Tingkat di Yogyakarta, Bangunan Grojogan Watu Purbo Ada Sejak 1975

Maryono melanjutkan bahwa meski pihaknya tidak menutup tempat wisata, mereka tetap waspada akan aktivitas gunung tersebut.

Salah satunya adalah dilakukannya pemantauan lewat radio handy talky dan sarana komunikasi lainnya guna mengetahui informasi terbaru.

Sementara untuk langkah mitigasi bencana, Grojogan Watu Purbo telah menyiapkan alur jalur evakuasi dari tempat wisata ke titik kumpul.

“Gedung Serbaguna Bangunrejo sebagai titik kumpul,” kata Maryono.

Gunung Merapi masih berstatus siaga

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Minggu, terjadi satu kali awan panas guguran di Gunung Merapi pukul 12.00-18.00 WIB.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan pukul 12.00-18.00 WIB, Minggu.

Berdasarkan data yang diperoleh, awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm dengan durasi awan panas guguran 61,24 detik.

Tangkapan layar aktivitas Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas pada Selasa, (26/1/2021).BPPTKG Tangkapan layar aktivitas Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas pada Selasa, (26/1/2021).

“Estimasi jarak luncur 600 meter ke arah barat daya, hulu Kali Krasak dan Kali Boyong,” ujar dia.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih sama dengan status yang diberikan pada November 2020, yaitu Level III atau siaga.

Hanik mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya, serta waspada akan bahaya lahar, terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sleman, dari Alam hingga Budaya

Jika ingin berkunjung, Grojogan Watu Purbo berlokasi di Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. Meski tidak dikenakan biaya masuk, pengunjung tetap membayar parkir kendaraan.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com