Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ada Tradisi Beri Makanan Manis Kepada Dewa Dapur Seminggu Sebelum Imlek

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2023, 10:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam kepercayaan tradisional masyarakat China, ada seorang dewa yang dikenal sebaga penjaga dapur dan kompor bernama Zao Jun atau Zao Shen.

Seorang pemandu tur virtual Hong Kong Tourism Board bernama Olivia mengatakan bahwa Zao Shen selaku Kitchen God atau Dewa Dapur bertugas untuk melindungi kesehatan keluarga dan menjaga agar kebakaran tidak terjadi dalam rumah yang dijaga.

“Kamu dapat melihatnya di dalam rumah orang-orang di dapur, mungkin di dinding atau dekat lantai dekat kompor,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan olehnya dalam “Walking Chinese New Year Virtual Tour–Hong Kong Tourism Board” pada Rabu (10/2/2021).

Baca juga:

Olivia melanjutkan, tugasnya dalam menjaga dapur artinya Zao Shen juga memiliki pengetahuan akan apa pun yang terjadi dalam rumah tangga tersebut.

“Dia juga seseorang yang bertugas untuk melaporkan ke Jade Emperor apakah orang-orang dalam rumah tesebut telah berbuat baik atau tidak. Itu adalah hal yang paling penting dalam perannya,” jelas Olivia.

Sementara itu, Jade Emperor atau Yu Huang Da Di yang juga dikenal sebagai Kaisar Giok dikatakan oleh Olivia sama seperti Dewa Zeus dalam mitologi Yunani.

“Jadi secara alami, orang-orang tidak ingin Kitchen God mengatakan hal yang buruk tentang mereka di hadapan Jade Emperor,” ucapnya.

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Wisata ke 7 Kawasan Pecinan di Indonesia

Beri makanan yang manis

Guna menghambat Dewa Dapur melaporkan hal yang buruk kepada Jade Emperor, orang-orang akan menyiapkan makanan manis yang penuh dengan gula.

Sebab, Dewa Dapur diketahui menyukai makanan manis. Jadi, lanjut Olivia, orang-orang akan memberinya makanan manis untuk disantap oleh Dewa Dapur.

Seorang chef bernama Hong Lee Chern (38) dan para staff restorannya tengah berdoa dan membawa persembahan untuk diberikan kepada Kitchen God di Elite House Restaurant, Jelutong, Penang, Malaysia (dok. Chan Boon Kai | The Star | https://www.thestar.com.my/).dok. Chan Boon Kai | The Star | https://www.thestar.com.my/ Seorang chef bernama Hong Lee Chern (38) dan para staff restorannya tengah berdoa dan membawa persembahan untuk diberikan kepada Kitchen God di Elite House Restaurant, Jelutong, Penang, Malaysia (dok. Chan Boon Kai | The Star | https://www.thestar.com.my/).

“Saat dia memakan makanan manis dan dipanggil Jade Emperor, dia tidak akan bisa menjelek-jelekan keluarga tersebut di hadapan Jade Emperor karena tidak bisa berbicara dengan baik,” kata Olivia.

Baca juga: Mengenal Ciam Si, Tradisi Ramal Khas China Kuno Jelang Imlek

Dengan begitu, Jade Emperor hanya akan tahu bahwa keluarga yang dijaga Dewa Dapur melakukan hal yang baik sepanjang tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com