Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Disebut Wilayah Mengerikan, Berikut Fakta tentang Siberia

Kompas.com - 15/02/2021, 20:00 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika menonton film-film Hollywood, nama Siberia mungkin terdengar tidak asing di telinga Anda.

Siberia merupakan kawasan di Rusia yang menutupi hampir 10 persen permukaan bumi. Wilayah ini berbatasan dengan Mongolia di selatan dan kutub utara serta Samudra Arktik di utara.

Dalam sinema-sinema Amerika Serikat, kawasan ini sering disebut sebagai sarang penyamun karena banyak karakter penjahat atau gangster berasal dari daerah ini.

Dilansir Coda Story, Selasa (18/9/2018), Jurnalis David Klion menulis, predikat daerah mengerikan yang diberikan kepada Siberia atau Rusia dalam film-film Hollywood sudah terlalu kelewatan.

Baca juga: Asal-usul Lubang Misterius Siberia, Ilmuwan Menduga Terbentuk oleh Ledakan Gas

“Orang-orang yang berasal dari Rusia atau Siberia bukan lagi dianggap sebagai umat manusia, tetapi lebih sebagai penjahat yang melawan Inggris dan Amerika Serikat,” tulisnya.

Salah satu film yang menggambarkan mengerikannya wilayah tersebut adalah film Siberia  yang dirilis pada 2018. Dalam film ini, Lucas Hill yang diperankan Keanu Reeves, diceritakan pergi ke Siberia untuk bertemu dengan gangster Boris Volkov (Pasha D Lychnikoff).

Selain itu, dalam film-film Hollywood, Siberia sering digambarkan sebagai daerah bersuhu dingin yang masih tertinggal sejak Uni Soviet runtuh pada 1991.

Melansir Russia Beyond, Senin (15/2/2021), berikut fakta menarik Siberia yang selama ini sering dianggap berbahaya.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Suhu Siberia Terpanas Sepanjang Sejarah Kutub Utara

Tidak selalu dingin dan tertinggal

Karena letaknya di dekat kutub utara, Siberia dikenal sebagai daerah dengan salju abadi. Suhu rata-rata di Siberia pada musim dingin mencapai minus 34.4 derajat celsius.

Meskipun demikian, Siberia mengalami pula musim hangat. Khususnya di wilayah Krasnoyarsk dan Dikson pada Juni. Pada musim ini, cukup banyak dijumpai anak-anak dan keluarga berpiknik di dekat Sungai Yenisei.

Setiap musim ditandai dengan jelas. Ketika musim panas, udara terasa panas dan langit terlihat cerah. Saat musim gugur, hutan berubah warna menjadi kuning kemerahan dengan gradasi warna yang sangat indah.

Perlu diketahui, Siberia merupakan salah satu wilayah dengan jumlah cadangan mineral terbesar di dunia. Bahkan, sekitar 70 persen cadangan minyak Rusia tersimpan di wilayah ini.

Baca juga: Lubang Misterius Sedalam 30 Meter Muncul di Siberia

Siberia juga memiliki kota-kota padat penduduk yang berkemang pesat. Terdapat pula pusat penelitian, lembaga riset, dan tempat-tempat kesehatan mumpuni.

Beberapa kota besar dengan jumlah penduduk lebih dari 100.000 jiwa, di antaranya, Novosibirsk, Mosk, Krasnoyarsk, Barunaul, dan Irkutsk.

Tempat aman dengan penduduk yang ramah

Banyak film Hollywood menggambarkan orang-orang Siberia sebagai sosok keras, tanpa belas kasihan, dan mengerikan. Selain itu, Siberia kerap disebut sebagai tempat berbahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com