Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2021, 19:07 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com- Negara Kepulauan Seychelles menjajaki kerja sama bidang pariwisata dengan Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Untuk memuluskan rencana itu, Duta Besar Seychelles untuk Asean Nico Barito berkunjung langsung ke Bumi Laskar Pelangi dan bertemu Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Senin (22/02/2021).

Nico mengatakan, tujuan kedatangan mereka untuk melanjutkan persahabatan yang sudah terjalin lama dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya kerja sama Letter of Intent sejak 13 Oktober 2011.

Kerja sama itu juga sejalan dengan strategi Pemerintah Indonesia untuk mempercepat pembangunan pariwisata.

Baca juga: Babel Tambah Wisata Bawah Laut Buatan di Perairan Pulau Bangka

Mengingat kondisi geografis Babel yang berbentuk kepulauan seperti Seychelles, mereka pun berinisiatif untuk melakukan kunjungan tersebut.

"Saya ingin menjajaki keberadaan Negara Seychelles untuk dapat mendukung pengembangan ekowisata di Bangka Belitung," jelas dubes negara yang bertetangga dengan Maladewa itu.

Tawaran kerja sama dengan Seychelles

Erzaldi yang menyambut langsung kedatangan rombongan tersebut mengatakan, ada berbagai kerja sama yang ditawarkan utusan khusus Presiden Seychelles itu.

Di antaranya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Babel dan mempercepat kegiatan pembangunan pada sektor pariwisata.

"Selain itu, mereka juga menawarkan kerja sama penghijauan di lahan eks tambang timah," ujarnya di Ruang VIP Bandar Udara Depati Amir.

Danau Kaolin, BelitungShutterstock Danau Kaolin, Belitung

Erzaldi menambahkan bahwa untuk menarik lebih banyak wisatawan asing berkunjung ke Babel, akan dilakukan kerja sama rute penerbangan langsung atau direct flight dari Tanjung Pandan-Seychelles melalui sistem carter.

"Doakan saja semoga kerja sama ini dapat ditindaklanjuti dengan baik dan segera direalisasikan," imbuh dia.

Menurut Erzaldi, kunjungan duta Seychelles mengindikasikan Bangka Belitung mulai menggeliat positif untuk menjadi magnet investasi, meski tren perekonomian global yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemprov Babel Berencana Hadirkan Island Hopping untuk Wisatawan

Rencananya, utusan khusus Presiden Seychelles untuk Asean melakukan kunjungan di Babel selama dua hari. Ia akan berkunjung ke lapangan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sungailiat dan Kawasan Geopark Belitung.

Adapun, Seychelles adalah negara kepulauan dengan 115 pulau yang tersebar di wilayah lautan seluas 1,4 juta kilometer persegi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com