Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tips dan Aturan Berkunjung ke Kopi Tubing Bogor

Kompas.com - 28/02/2021, 19:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika ingin ngopi sambil menikmati pemandangan sawah ala Svargabumi Borobudur atau river tubing di Kopi Tubing Bogor, terdapat sejumlah tips yang dapat dicatat sebelum memulai perjalanan.

“Ada beberapa tempat dengan pemandangan bagus yang kita reservasikan. Reservasi harus sehari sebelum kunjungan, sebelum jam enam sore pada hari reservasi,” kata Marketing Kopi Tubing Novia kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Kopi Tubing, Svargabumi-nya Bogor dengan Kegiatan River Tubing

Selain itu, bagi yang tertarik untuk melakukan river tubing, pengunjung wajib melakukan pemesanan tiga hari sebelum waktu kunjungan.

Namun, mengapa demikian? Jika ingin tahu lebih lanjut, simak 14 tips dan aturan berkunjung ke Kopi Tubing yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (28/2/2021):

1. Reservasi supaya tidak kehabisan tempat

Meski kunjungan ke Kopi Tubing tidak perlu melakukan reservasi, Novia mengatakan bahwa beberapa tempat yang menawarkan pemandangan bagus dimasukkan dalam sistem reservasi.

“Reservasi untuk (beberapa tempat) di restoran, dan luar ruangan yang ada saung. Tidak ada down payment, hanya biodata seperti nama dan nomor telepon,” ujar dia.

Tempat wisata bernama Kopi Tubing di Kabupaten Bogor yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan kegiatan river tubing (dok. Instagram Kopi Tubing).dok. Instagram Kopi Tubing Tempat wisata bernama Kopi Tubing di Kabupaten Bogor yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan kegiatan river tubing (dok. Instagram Kopi Tubing).

2. Mau river tubing? Jangan lupa reservasi

Salah satu dari dua paket river tubing adalah Adventure Ride bagi orang dewasa. Novia menegaskan, pengunjung wajib melakukan pemesanan minimal tiga hari sebelum kedatangan.

Hal tersebut karena pihaknya harus memeriksa jalur dan keamanan, serta melakukan survei terhadap jalur yang hendak dilalui.

3. Tidak boleh kasih makan hewan

Kopi Tubing memiliki kolam ikan yang mana ikan-ikan tersebut boleh diberi makan oleh pengunjung dengan membayar Rp 10.000 per pakan ikan.

“(Tapi) terkadang ada hewan turun (ke Kopi Tubing). Pengunjung tidak boleh kasih makan mereka,” tutur Novia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com