Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emirates dan Otoritas Kesehatan Dubai akan Buat Verifikasi Digital Pintar untuk Wisatawan

Kompas.com - 05/03/2021, 11:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Emirates dan Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) akan menerapkan sistem verifikasi digital rekam medis bagi wisatawan terkait pengujian dan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Kompas.com, Emirates dan DHA telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang betujuan untuk memosisikan Dubai sebagai salah satu kota pertama di dunia yang menerapkan sistem tersebut.

Baca juga: Penumpang Emirates Bisa Bayar untuk Tidak Duduk dengan Orang Asing

MoU tersebut ditandatangani Ketua dan Kepala Eksekutif Emirates, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, serta Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Dubai, Awadh Al Ketbi.

Menurut Sheikh Ahmed, Dubai adalah pusat global transportasi udara dan salah satu kota paling progresif di dunia untuk layanan e-government.

“Kerjasama ini adalah langkah terbaik untuk menggabungkan kemampuan kita dalam menerapkan verifikasi digital rekam medis COVID-19, yang juga akan memungkinkan proses verifikasi dokumen nirsentuh di Bandara Internasional Dubai,” sambung dia.

Yang Mulia Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, Ketua dan Kepala Eksekutif Emirates dan Yang Mulia Awadh Al Ketbi, Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Dubai saat menandatangani MoU untuk verifikasi digital cerdas rekam jejak medis Covid-19Dok. Emirates Yang Mulia Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, Ketua dan Kepala Eksekutif Emirates dan Yang Mulia Awadh Al Ketbi, Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Dubai saat menandatangani MoU untuk verifikasi digital cerdas rekam jejak medis Covid-19

Nantinya, Emirates dan DHA akan menghubungkan sistem teknologi informasi milik laboratorium yang disetujui DHA dengan sistem reservasi dan check-in dari Emirates.

Hal itu memungkinkan pembagian, penyimpanan, dan verifikasi informasi kesehatan penumpang terkait infeksi, pengujian, dan vaksinasi Covid-19 dengan cara yang efisien, aman, dan patuh akan hukum yang berlaku.

Baca juga: Emirates Tawarkan Promo Spesial untuk Pelajar Internasional

Proyek ini akan segera dimulai dengan tujuan mengimplementasikan verifikasi digital bagi wisatawan dalam beberapa bulan ke depan.

Sheikh Ahmed berharap hal ini akan meningkatkan pengalaman wisatawan saat berkunjung ke Dubai. Selain itu juga bisa meningkatkan keandalan, efisiensi, dan kepatuhan wisatawan terhadap persyaratan masuk yang diberlakukan oleh destinasi-destinasi di seluruh dunia.

“Dubai akan terus memimpin dalam menerapkan pendekatan yang efektif dan seimbang untuk mengendalikan penularan COVID-19 sambil memfasilitasi perjalanan dan transportasi udara demi kepentingan masyarakat dan ekonomi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com