Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 07:03 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Punya waktu liburan terbatas tetapi ingin tetap jalan-jalan untuk kabur sejenak dari rutinitas perkotaan? Kamu bisa coba kunjungi Pulau Belitung.

Pulau ini terkenal memiliki pemandangan pantai dan laut yang luar biasa indah dengan bebatuannya besar. Ada juga atraksi wisata menarik lainnya, mulai dari island hopping, kulineran, hingga wisata budaya.

Pulau yang kaya akan pesona ini juga luasnya tak terlampau besar, sehingga kamu bisa benar-benar menjelajahinya dalam waktu beberapa hari saja.

“Kalau itinerary itu gue searching di internet. Tapi enggak usah saklek juga enggak apa-apa, modifikasi aja sesuai keinginan dan waktu,” kata Muhammad Imaduddin (23) pada Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Tanjung Kelayang di Belitung Tawarkan Aktivitas Seru Naik Jet Ski

Imad, sapaan akrabnya, pernah merencanakan sendiri perjalanan liburan ke Belitung bersama teman-temannya selama tiga hari dua malam.

Adapun saat liburan, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai standar, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Tempat-tempat berikut sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standard ketika tulisan dibuat. Berikut ini itinerary wisata 3 hari 2 malam di Belitung bersama teman-teman.

Transportasi di Belitung

Dari Jakarta, ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan rute ke Belitung. Rata-rata harga tiket pesawat dari Jakarta ke Belitung adalah Rp 600.000 untuk tiket pergi-pulang.

Sesampainya di sana, kamu bisa menyewa kendaraan sendiri karena jarak antartempat wisata di Pulau Belitung relatif cukup jauh satu sama lain.

“Ke Belitung itu memang enaknya rame-rame, jadi biar bisa sewa mobil seharian. Atau kalau orangnya sedikit, bisa sewa motor, tapi risikonya badan pegel untuk eksplor dari Belitung Barat ke Timurnya,” ungkap Imad.

Baca juga: Seychelles Jajaki Kerja Sama Bidang Pariwisata dengan Bangka Belitung

Bagi kamu yang ingin bepergian dengan cukup nyaman, bisa menyewa mobil. Harganya rata-rata Rp 250.000 per 24 jam belum termasuk supir. Sementara penyewaan motor, rata-rata harganya Rp 75.000 per 24 jam.

“Beberapa hostel juga sudah menyediakan jasa penyewaan sepeda motor biasanya,” tutur Imad.

Penginapan di Belitung

Untuk penginapan, kamu bisa menyesuaikannya dengan bujet rombongan. Jika memang ingin yang sedikit fancy, kamu bisa mencoba Sheraton Belitung Resort atau Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung.

Keduanya terletak sedikit berjauhan, jadi kamu bisa menyesuaikan hotel mana yang lebih dekat dengan tempat wisata tujuan. Keduanya terletak agak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan. Rate rata-ratanya mulai Rp 600.000.

Sheraton Belitung ResortDok.Sheraton Belitung Resort Sheraton Belitung Resort

Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi atau yang dikenal sebagai Pantai Laskar Pelangi. Sementara Sheraton Belitung Resort terletak di dekat Pantai Tanjung Kelayang.

Jika ingin yang lebih dekat ke pusat kota Tanjung Pandan, kamu bisa menginap di La Lucia Hotel by Pransanthi. Lokasinya tak jauh dari Pantai Tanjung Pendam dengan rate mulai dari Rp 350.000.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sorot 4 Zona Wisata di Belitung

Ada pula Hotel Surya, letaknya sangat dekat dengan Satam Square Belitung dengan rate yang lebih terjangkau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com