Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Pantai di Gunungkidul

Kompas.com - 08/03/2021, 13:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Bagi pencinta alam khususnya pantai, Yogyakarta masuk dalam daftar destinasi wisata yang patut dikunjungi, terlebih Kabupaten Gunungkidul.

“Kalau suka alam dan petualangan, bisa ke Gunungkidul,” kata guide Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko, Yulianto, kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Ia melanjutkan, saat ini seluruh tempat wisata di Yogyakarta telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar jika ingin tetap buka.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata Selfie di Jogja, Ada HeHa Ocean View

“Syarat utama untuk dibuka lagi adalah protokol kesehatan. Sebelum buka, ada pihak yang memastikan protokol kesehatan sudah sesuai standar. Ada sidak dari pihak terkait,” jelasnya.

Kendati demikian, wisatawan tetap wajib menerapkan protokol kesehata,n seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit.

Berikut itinerary dua hari satu malam wisata pantai di Gunungkidul:

Transportasi di Gunungkidul

Jika ingin berwisata ke Gunungkidul dari Kota Yogyakarta, Yulianto mengatakan bahwa pilihan transportasi dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang hendak bepergian.

Untuk 1-2 orang bisa menggunakan motor agar tujuan lebih cepat terjangkau dan kamu bisa menghindari kemacetan. Sementara untuk lebih dari empat orang bisa naikn mobil.

“Penyewaan mobil kisaran Rp 300.000-an,” katanya.

Namun, harga akan disesuaikan apakah lepas kunci atau tidak, jarak tempat wisata yang hendak dikunjungi saling berdekatan atau tidak, serta apakah peminjaman mobil memakan waktu yang cukup lama misalnya lebih dari satu hari.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Bantul, Bisa Sandboarding

Untuk motor, salah satu rental motor yang lokasinya dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu adalah WS Rental Jogja dengan harga mulai dari Rp 70.000 per 24 jam.

Ada juga JOGJIG Rental Motor di depan Stasiun Lempuyangan dengan harga sewa mulai dari Rp 60.000. Kedua usaha rental motor tersebut sudah dilengkapi peminjaman helm dan jas hujan.

Apabila kamu sudah berada di Gunungkidul, ada jasa penyewaan motor dan mobil Aroma Trans atau MJ Trans. Tarif sewa motor adalah Rp 65.000-Rp 85.000 termasuk peminjaman helm dan jas hujan.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Jalur Jogja-Dieng via Wonosobo Naik Motor

Sementara untuk sewa mobil adalah Rp 250.000 per hari dan lepas kunci. Alamatnya di Mulyosari RT 01/RW 02, Baleharjo, Kecamatan Wonosari. Kamu bisa hubungi WhatsApp mereka di +6287738755294 atau di Google Maps Sewa Mobil “AROMA TRANS”/“MJ TRANS”.

Ada juga Rental Mobil Wonosari di Kebonjero, Pengkol, Nglipar. Harga sewa mobilnya mulai dari Rp 300.000 per hari dan lepas kunci. Kamu bisa hubungi WhatsApp mereka di +628122921760. Pencarian di Google Maps atas nama Car Rental Wonosari.

Sarapan hidangan tradisional Gunungkidul

Gudeg adalah salah satu kuliner legendaris dan kerap dicari wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Jika ingin menyantap gudeg sebagai menu sarapan di Kota Yogyakarta, kunjungi Pasar Kranggan yang tidak jauh dari Tugu Pal Putih.

“Di sini ada cenil, jenang, gudeg, dan lopis. Jajanan tradisional di situ ada,” tutur Yulianto.

Untuk harganya sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena makanan berat atau makanan ringan di Pasar Kranggan memiliki harga yang terjangkau.

Namun jika kamu sudah berada di Gunungkidul, kamu bisa mampir ke Pasar Ngingrong jika diasumsikan kamu sedang di sana Sabtu. Sebab, pasar ini hanya buka pada Sabtu-Minggu pukul 06.00-12.00 WIB.

Es dawet di Pasar Digital Ngingrong yang begitu nikmat dan segar.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es dawet di Pasar Digital Ngingrong yang begitu nikmat dan segar.

Di sana, beragam hidangan tradisional tersedia seperti dawet dengan jenang, soto, pecel, kue apem, nasi thiwul, dan sayur brongkos. Harganya cukup terjangkau.

Satu hal yang unik di pasar tersebut adalah pembayaran tidak dilakukan dengan uang tunai melainkan alat tukar seperti koin dari kayu. Kamu bisa melakukan penukaran alat tukar di tempat yang telah tersedia.

Pasar Ngingrong lokasinya di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Jarak tempuhnya adalah sekitar 56,5 km atau 1,5 jam dari Tugu Jogja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com