Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2021, 13:01 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Aktivitas wisata di Candi Borobudur nantinya akan memanfaatkan aplikasi berbasis augmented reality.

“Ya betul (wisata Candi Borobudur akan memanfaatkan aplikasi berbasis augmented reality),” kata Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Sebelumnya, wacana tersebut sempat diungkapkan oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hari Santosa Sungkari.

“Nanti di Borobudur, kita tidak bisa lagi naik ke stupa. Tapi kita bisa lihat di zona luarnya, pakai handphone di dalamnya ada apa,” kata Hari dalam acara diskusi strategis Redefining Sustainable Tourism Roadmap secara online, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Kemenparekraf akan Berikan Dana Hibah untuk Bantu Pelaku Ekraf

Para wisatawan nantinya hanya akan bisa berwisata di area luar candi saja. Sementara bagian candi serta dalam candi sudah tertutup untuk umum.

Dengan penggunaan aplikasi augmented reality buatan anak bangsa ini, para wisatawan akan bisa melihat bagian dalam candi. Termasuk juga relief-relief bersejarah serta cerita di baliknya hanya menggunakan aplikasi tersebut.

Sejumlah wisatawan berada di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng, Rabu (28/10/2020). Memasuki musim libur panjang kali ini  wisatawan dari berbagai daerah mulai mengunjungi kawasan wisata candi Borobudur meskipun tidak diperbolehkan menaiki candi dan hanya dibatasi hanya 3.000 pengunjung per hari. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.ANIS EFIZUDIN Sejumlah wisatawan berada di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng, Rabu (28/10/2020). Memasuki musim libur panjang kali ini wisatawan dari berbagai daerah mulai mengunjungi kawasan wisata candi Borobudur meskipun tidak diperbolehkan menaiki candi dan hanya dibatasi hanya 3.000 pengunjung per hari. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.

“Mungkin yang kalau kita waktu dulu datang fisik kita enggak tahu di dalamnya ada cerita apa. Pakai augmented reality, kita merasakan tiga dimensi di dalam dan ada ceritanya. Dengan harapan ini, ekraf akan bangkit duluan,” tegas Hari.

Baca juga: Pembangunan Borobudur Highland Tidak akan Tebang Pohon Secara Liar

Sementara itu, terkait wacana ini Emilia mengaku belum bisa memberikan informasi tambahan. Termasuk juga perkiraan waktu kapan penggunaan aplikasi augmented reality ini bisa benar-benar dijalankan, serta seperti apa sistem penggunaannya nanti.

“Terkait hal tersebut nanti kalau sudah ada informasi yang jelas kami akan sampaikan,” tutup Emilia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com