Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2021, 08:08 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Turnamen golf nasional bakal digelar untuk mengakselerasi aktivitas pariwisata di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, turnamen golf merupakan bagian dari rangkaian agenda pariwisata yang telah disiapkan bekerja sama dengan pemerintah provinsi.

"Ada turnamen golf gubernur Cup dan Wabup Cup tanggal 3 dan 10 April 2021," kata Isyak saat dihubungi, Rabu (10/3/2021).

Ia melanjutkan, turnamen golf tersebut akan digelar di lapangan Black Rock Golf, Tanjung Tinggi, Belitung.

Baca juga: Itinerary Solo Trip 3 Hari 2 Malam ke Belitung

Selain turnamen golf, pemda juga menjadwalkan Indonesian Triathlon Series dan Indonesia Road Bike Series pada 1 dan 27 Maret 2021.

Terkait turnamen golf tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Dinas Kepemudaan dan Olahraga serta panitia penyelenggara telah menggelar rapat Koordinasi.

Bangkitkan wisata Belitung

Dalam rapat tersebut, gubernur berharap turnamen dapat menarik para wisatawan untuk datang ke Belitung. Selain itu, untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat luas bahwa Belitung sudah benar-benar siap menerima wisatawan sesuai protokol kesehatan.

"Perhelatan turnamen golf ini dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk datang ke Bangka Belitung, sehingga dapat mendorong tumbuhnya ekonomi," ujar Erzaldi.

Menurut Erzaldi, olahraga golf memang terdengar eksklusif, khususnya bagi kaum muda, karena identik dengan gaya hidup yang mahal. Para peserta umumnya pun orang-orang yang memiliki uang dan bukan orang sembarangan.

Biru laut di Pulau Lengkuas yang terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Belitung.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Biru laut di Pulau Lengkuas yang terletak di wilayah Kecamatan Sijuk, Belitung.

"Melihat peluang tersebut, maka kami (Pemprov Babel) akan memperbanyak event yang diselenggarakan, baik berupa nasional maupun yang diselenggarakan daerah,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Diskepora Pemprov Babel Suharto mengatakan, persiapan sudah dilakukan dengan matang tanpa masalah. Dengan melihat langsung, tim panitia juga sudah rapat berhari-hari mematangkan turnamen agar terselenggara dengan baik.

"Saya berharap turnamen ini bisa dilakukan berseri. Artinya, kalau ingin Babel menjadi ramai dikunjungi wisatawan, harus berani mendatangkan event-event nasional maupun internasional. Apalagi golf ini kelasnya orang berduit," ujar Suharto.

Baca juga: Pantau Hewan Langka di Belitung Ini, Sandiaga Susuri Bukit Malam Hari

Berbagai kegiatan yang dipersiapkan, ucapnya, merupakan bagian dari upaya bangkit menghadapi pandemi Covid-19.

Saat ini turnamen baru dilaksanakan di Belitung. Diharapkan untuk ke depannya juga dapat dilaksanakan di Pangkalpinang, mengingat di sana juga ada lapangan golf. Apabila dapat dilakukan di dua tempat, perputaran ekonomi di Babel akan menjadi seimbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com