Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Menuju Air Terjun Latuppa di Palopo, Sulawesi Selatan

Kompas.com - 16/03/2021, 17:05 WIB
Citra Fany Samparaya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi saay berlibur ke kota Palopo, Sulawesi Selatan adalah Air Terjun Latuppa.

Jarak Air Terjun Latuppa adalah sekitar 9 kilometer (km) dari pusat Kota Palopo dengan waktu tempuh naik selama 10-15 menit mobil atau sepeda motor. Ketika sampai di lokasi, akan ada plang bertuliskan “Kawasan Wisata Latuppa Kota Palopo”.

Di pintu masuk, kamu dapat memarkirkan kendaraan dengan membayar Rp 2.000 untuk motor dan mobil Rp 5.000. Setelah itu, ikuti petunjuk letak air terjun yang letaknya sekitar 50 meter dari tempat parkir.

Untuk membeli tiket masuk, kamu perlu berjalan ke dalam lokasi air terjun selama lima menit. Harga tiketnya hanya Rp 2.000 per orang.


Usai membayar tiket masuk, pengunjung akan melewati jalan tangga. Di ujung jalan, air terjun indah di sebelah kiri jalan seolah membayar lelahnya perjalanan. 

Jika ingin lebih dekat dengan air terjun dan bermain air, terdapat anak tangga menurun. saat turun, kamu akan melihat pemandangan air terjun dari bawah.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Palopo, Sulawesi Selatan, Air Terjun Sampai Pantai

 

Jangan berdiri terlalu dekat jika tak ingin terciprat air. Kamu bisa mengambil foto pemandangan air terjun, selfie, bermain air, atau bertapa di bawah air terjun. Jika memutuskan mandi, pastikan bawa baju ganti.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Latuppa

Kamu tidak perlu khawatir akan kondisi jalan menuju Air Terjun Latuppa karena sudah dicor dan sangat mudah untuk dilalui.

Kamu hanya perlu memperhatikan langkah ketika berjalan saat hujan karena jalanan akan sangat licin, khususnya saat menaiki dan menuruni tangga.

Selama berjalan dari tempat parkir, akan ada sungai di sebelah kiri sebagai pemandangan yang panjangnya kurang lebih 12 km. Sungai ini merupakan terusan air terjun Latuppa.

Air Terjun Latuppa terletak di Kec. Mungkajang, Palopo, Sulawesi Selatan. INSTAGRAM.com/MUHAMMAD SYAHRUL PUTRA RAMADAN Air Terjun Latuppa terletak di Kec. Mungkajang, Palopo, Sulawesi Selatan.

 

Suara burung dan air terjun yang sangat nyaring dan udara yang sejuk akan menemani perjalanan  mulai dari tempat parkir hingga ke air terjun.

Di sini juga disediakan beberapa fasilitas, seperti toilet dan gazebo. Untuk gazebo, kamu perlu membayar Rp 10.000 per jam untuk bisa bersantai dan beristirahat di sana.

Berkunjung ke Air Terjun Latuppa disarankan pada siang hari dan cuaca cerah jika ingin mengambil gambar air terjun yang apik. Cahaya akan sangat bagus pukul 14.00 WIT.

Baca juga: Indahnya Bukit Nane Selayar, Pilihan Wisata di Sulawesi Selatan

 

Hindari datang saat hujan karena volume air tinggi dan arus air yang kencang akan membahayakan. Walaupun lokasi wisata buka 24 jam disarankan untuk tidak datang pada malam hari untuk alasan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com