Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Jogja Tawarkan Paket Wisata Gowes untuk Gaet Wisatawan

Kompas.com - 18/03/2021, 21:01 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.COM - Setahun pandemi Covid-19 telah menghancurkan sektor wisata di Yogyakarta. Para pelaku usaha termasuk pengusaha hotel memutar otak bagaimana cara menggaet kembali wisatawan.

Para anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun mencoba menggaet wisatawan dengan menawarkan paket wisata gowes keliling Yogyakarta.

Pasalnya olahraga sepeda mulai digandrungi kembali oleh masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Libur Isra Miraj dan Nyepi, Jumlah Wisatawan di DIY Capai 31.000 Orang

Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan, banyak warga luar Yogyakarta yang datang ke Yogyakarta hanya untuk menikmati rute sepeda.

"Orang ke Yogyakarta hanya untuk bersepeda kemudian kita memberi rute yang ada. Beberapa pilihan atau ada mereka yang sudah memiliki rute sendiri," kata dia, Rabu (17/3/2021).

Rute gowes favorit wisatawan di Yogyakarta

Ia melanjutkan, rute gowes favorit wisatawan yaitu ke arah Naggulan, Kulon Progo lalu kembali lagi ke Kota Yogyakarta.

Lebih jelasnya ia merinci rute yang diambil adalah Nanggulan melalui Ancol pulang pergi. Ancol adalah bendungan yang ada di perbatasan kabupaten Magelang dengan Kulon Progo.

Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pihaknya juga memberikan tour guide bagi wisatawan yang tidak tahu rute bersepeda di Yogyakarta. Jika ada wisatawan yang tidak bisa membawa sepeda, pihak hotel juga menyediakan.

Adapun selama satu bulan terakhir ini, dirinya sudah mengawal wisatawan sebanyak enam kali. Empat kali ke Nanggulan dan dua kali ke Selopamioro Imogiri.

Baca juga: Wisata ke Pronosutan View Kulon Progo, Bisa Ikut Tur Gowes

"Iya lah (mengawal). Sudah 6 kali ngawal Nanggulan 4 kali, Selopamioro Imogiri 2 kali," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com