Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Menuju Museum Istana Datu Luwu, Palopo, Sulawesi Selatan

Kompas.com - 20/03/2021, 16:04 WIB
Citra Fany Samparaya,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang ada di kota Palopo, Sulawesi Selatan dan ingin liburan, Istana Langkanae Luwu atau Museum Istana Datu Luwu bisa jadi pilihan untuk dikunjungi.

Kamu tidak perlu khawatir untuk lokasinya. Museum ini berada di tengah pusat perkotaan, sehingga mudah dijangkau. Jika menggunakan Google Maps, kamu bisa tulis Istana Langkanae Luwu.

Kendaraan seperti mobil dan sepeda motor bisa dengan mudah sampai sana. Bahkan jika tidak punya kendaraan, kamu cukup naik ojek dengan biaya Rp 5.000-Rp 10.000 dari Mall Palopo.

Kamu juga bisa menggunakan Masjid Jami’ yang berdekatan dengan museum sebagai patokan.

"Bentuk bangunanya juga cuma batu begitu karena masjidnya sudah lama dan tertua di sini," kata penjaga Museum Istana Datu Luwu Opu To Manrasa atau akrab disapa Pak Guru saat ditemui Kompas.com, Rabu (17/3/2021.)

Waktu buka Istana Langkanae Luwu yang belum pasti

Sayangnya, untuk saat ini Istana Langkanae Luwu atau Museum Istana Datu Luwu masih belum buka untuk umum selama pandemi sampai waktu yang belum diketahui.

Meski begitu, bukan berarti museum tutup sama sekali. Jika beruntung, yakni saat ada penjaga, kamu dapat masuk dan hunting foto sepuasnya secara gratis.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Palopo, Sulawesi Selatan, Air Terjun Sampai Pantai

 

Pasalnya wisata ini tidak mengenakan biaya tiket masuk dan hanya mewajibkan pengunjungnya menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker. 

"Coba saja ke sini setelah sore hari kalau di masa pandemi ini. Kalau beruntung yah bisa ketemu petugas yang jaga dan coba masuk bertanya apakah bisa berkunjung," ujar opu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com