Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Aktivitas Wisata di Sukasantai Farmstay, Petik Sayur hingga Mancing

Kompas.com - 21/03/2021, 13:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Sukasantai Farmstay merupakan salah satu perkebunan organik yang juga menawarkan aneka aktivitas wisata seru. Mulai dari memetik hasil panen perkebunan, memancing ikan, hingga menginap di tengah perkebunan.

Perkebunan organik yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini memang menawarkan sensasi menarik menginap di fasilitas nyaman di tengah perkebunan organik seluas sekitar 10 hektar.

“Yang kita cari waktu itu ketenangan ya, suasana alam, tempat istirahat, tidak lihat mobil. Cuman duduk-duduk sambil lihat angin semilir lewat pohon bambu,” kata pemilik Sukasantai Farmstay saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Sukasantai Farmstay:

1. Menginap di farmstay dan vila

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di sana adalah menginap di farmstay-nya. Sukasantai menawarkan akomodasi berupa kamar-kamar di satu bangunan yang sama.

Ada pula vila privat bernama Rumah Santai untuk keluarga yang lebih besar dan menginginkan privasi. Masing-masing kamar dan vila memiliki tema dan desain berbeda. Total ada 12 kamar di bangunan farmstay dan tiga kamar di Rumah Santai.

Sukasantai FarmstayDok. Sukasantai Farmstay Sukasantai Farmstay

Rate ditetapkan untuk per orang, per hari. Untuk rate setiap kamar di farmstay dibuat sama rata, yakni Rp 720.000 per orang per hari di hari biasa dan Rp 880.000 per orang per hari saat akhir pekan. Anak-anak di bawah tiga tahun masih gratis.

Untuk rate di Rumah Santai, berlaku untuk minimal enam pax, dan waktu menginap minimal dua malam. Rate-nya Rp 920.000 per orang per hari di hari biasa. Sementara di akhir pekan, Rp 1.050.000 per orang per hari.

Baca juga: Sukasantai Farmstay, Nginap di Tengah Kebun Organik dengan Pemandangan Gunung Gede

Rate tersebut sudah termasuk tarif menginap, tiga kali makan, snack, dan segala aktivitas wisata di kebun.

“Kita juga merasa dengan kondisi jalan yang macet. Ditambah pandemi, kita merasa kalau orang sudah datang ya datang dan istirahat saja di situ. We take care of everything,” jelas dia.

2. Petik hasil panen sendiri

Kamu juga bisa berkeliling perkebunan dan memetik sendiri hasil panen tanaman di sekitar kebun. Hasil panen segar tersebut bisa kamu jadikan bahan-bahan makananmu di hari itu.

“Biasanya ada tur. Kalau mau petik silakan bareng. Nanti kita bawa ke dapur dan kita masakin buat tamu. Itu tidak ada extra charge,” ujar dia.

Petani dengan hasil panennya di Sukasantai FarmstayDok. Sukasantai Farmstay Petani dengan hasil panennya di Sukasantai Farmstay

Namun jika ingin memetik untuk dibawa pulang ke rumah maka akan dikenakan biaya tambahan. Nanti kamu bisa meminta tolong pada pegawai di sana untuk menghitung hasil panen yang ingin kamu beli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com