Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute menuju Sukasantai Farmstay di Sukabumi, Jawa Barat

Kompas.com - 21/03/2021, 17:31 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Sukasantai Farmstay adalah sebuah pertanian organik yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat.

Sukasantai menawarkan berbagai aktivitas wisata di tengah kebun organik, seperti menginap di farmstay atau vila, memetik hasil panen di kebun, memerah susu sapi, memancing di kolam ikan, hingga tur perkebunan dan trekking ke hutan bambu.

Rute ke Sukasantai Farmstay

Sukasantai Farmstay terletak di Jalan Sukamaju, RT11/02, Desa Sukamaju, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini bisa dicapai dalam waktu sekitar tiga jam dari Jakarta.

“Biasanya kita melewati jalur Puncak. Tapi kalau (jalan tol) Bocimi sudah masuk tahap dua, lebih dekat pakai Bocimi,” terang pemilik Sukasantai Farmstay saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Dari Jakarta, kamu bisa ambil jalan menuju ke Jalan Tol Jagorawi. Kemudian keluar dari tol menuju arah Puncak–Taman Safari–Bandung dan susuri Jalan Labuan–Cianjur. Di pertigaan terus ambil jalan lurus hingga masuk ke Jalan Raya Ciawi–Cianjur.

Farmstay di SukasantaiCredit: Fabian Ong Farmstay di Sukasantai

Terus ikuti jalan raya tersebut, melewati jalur Puncak. Terus hingga melewati Cipanas. Kemudian setelah melewati Pasar Cigombong, sekitar satu kilometer lagi ada pertigaan. Belok kanan ke arah Tugu.

Terus ikuti jalan yang berliku tersebut hingga melewati Kebun Teh Tegalega. Kemudian terus susuri jalan ke arah Padabeunghar. Sampai di pertigaan Pasar Tradisional Gekbrong, belok kanan ke arah Jalan Nasional III.

Baca juga: 8 Aktivitas Wisata di Sukasantai Farmstay, Petik Sayur hingga Mancing

Sekitar beberapa kilometer ke depan, belok kanan masuk ke Jalan Dangdeur Kulon. Patokannya, ada minimarket di belokannya.

Dari sana cukup susuri jalan tersebut, hingga masuk ke Jalan Sukamaju. Sukasantai Farmstay ada di sebelah kiri jalan dengan gerbang berwarna biru.

Kondisi jalan ke Sukasantai Farmstay

Kondisi jalan ke Sukasantai sendiri masih agak sempit dan bergelombang karena masih merupakan jalan desa. Namun masih cukup baik dan tidak rusak parah.

“Kalau Hi-Ace masih bisa masuk. Kalau bus tidak bisa masuk. Kita pernah kejadian orang datang pakai bus dan tidak bisa masuk, jadi mereka di-transport satu-satu pakai shuttle,” terang dia.

Sukasantai Farmstay juga menawarkan fasilitas shuttle untuk menjemput para tamu dari titik yang sudah disepakati.

Baca juga: 8 Tips Berkunjung ke Sukasantai Farmstay di Sukabumi

Harganya bervariasi, mulai dari Rp 950.000–Rp 1,85 juta. Tergantung titik penjemputan dan juga barang bawaan. Harga tersebut sudah termasuk sewa mobil, bensin, supir, biaya tol dan parkir.

Informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi situs resmi Sukasantai Farmstay di sukasantai.com atau menghubungi nomor kontak mereka di +6282249984849.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com