Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PAREKRAF

Melihat Cantiknya 10 Danau Paling Memesona di Indonesia

Kompas.com - 27/03/2021, 07:13 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com - Destinasi wisata danau merupakan salah satu yang populer di Indonesia. Banyaknya danau air tawar yang menampilkan keindahan panorama hingga ukuran luasnya yang spektakuler membuat destinasi wisata yang satu ini banyak peminatnya.

Nah, berikut ini adalah 10 danau paling memesona di Indonesia yang dapat dijadikan referensi tujuan berwisata. Buktikan sendiri betapa cantiknya destinasi wisata di lokasi berikut.

1. Danau Toba

Tak cuma menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (km) atau 62 mil, lebar 30 km (19 mil) dengan kedalaman mencapai 505 meter. Karenanya, Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

2. Danau Towuti

Danau ini memiliki luas permukaan mencapai 561 km persegi yang menjadikannya danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba.

Danau tektonik yang berusia jutaan tahun tersebut berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Sebagai informasi, danau ini merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.

3. Danau Ranau

Jika melihat dari volume airnya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Berada di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Danau Ranau merupakan danau vulkanik yang memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125,9 km persegi, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km kubik.

Di tengah danau juga terdapat Pulau Marisa yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena memiliki tempat pemandian air panas alami.

4. Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Danau Singkarak menawarkan pemandangan memesona dan kerap dijadikan salah satu destinasi wisata wajib jika datang ke provinsi tersebut.

Memiliki ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km persegi, Danau Singkarak merupakan salah satu danau terluas di Pulau Sumatera. Sebelum masa pandemi Covid-19, lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak rutin diadakan setiap jelang akhir tahun.

5. Danau Matano

Sulawesi Selatan memiliki Danau Matano yang merupakan danau paling dalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Matano menempati urutan ke-11 sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman 590 meter.

Sebagai informasi, keindahan alam di kawasan danau ini menjadikannya salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan.

6. Danau Poso

Di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso terdapat danau tektonik purba, yakni Danau Poso. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 km persegi, dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Dengan kedalamannya itu, Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Meski berada di ketinggian 657 mdpl, gelombang air di danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut. Danau ini memiliki unsur yang unik dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan.

7. Danau Sentani

Danau ini membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. Dengan luas mencapai 9.360 hektar menjadikan Danau Sentani sebagai danau paling luas di Papua.

Tak cuma terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari Danau Sentani adalah perhelatan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan tahunan setiap bulan Juni.

Danau Sentani, Papua.https://pesona.travel Danau Sentani, Papua.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com