Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gornergrat di Swiss, Tempat Terbaik Melihat Gunung Matterhorn

Kompas.com - 29/03/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Matterhorn merupakan salah satu gunung di Swiss yang cukup terkenal di kalangan wisatawan lantaran bentuk puncaknya tergambar di bungkus coklat Toblerone.

Saat berada di Swiss, pemandangan gunung tersebut dapat dinikmati dari beberapa daerah. Namun, salah satu spot terbaik untuk menikmatinya adalah di Gornergrat.

Baca juga: Rosti Kentang, Kuliner Swiss yang Membawa Kenangan Bagi Kim Jong Un

“Di Gornergrat ini, kalau kita ke Zermatt, kembali lagi itu gunung yang kelihatan di sana adalah Matterhorn,” kata Founder International Travel & Leisure Forum (ITLF) Herry Marhono.

Hal itu dia ungkapkan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jelajah Swiss: Manjakan Panca Inderamu”, Rabu (24/3/2021).

Info seputar Gornergrat di Swiss

Lantas, di mana itu Gornergrat dan bagaimana cara menuju ke sana?

Gornergrat, tempat terbaik untuk lihat Gunung Matterhorn

Menurut informasi dari My Switzerland, Gornergrat merupakan sebuah area di dataran tinggi Zermatt dengan titik paling tinggi berada pada 3.089 meter dari permukaan laut (mdpl).

Adapun, Gornergrat dikelilingi oleh 29 gunung raksasa dengan ketinggian sekitar 4.000-an meter di atas permukaan laut (mdpl), termasuk Gunung Matterhorn dan Gunung Dufourspitze, gletser terpanjang ketiga di Pegunungan Alpen.

Baca juga: Liburan ke Zurich di Swiss, Ini 6 Aktivitas Serunya

Melihat hal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa pemandangan yang tersaji di Gornergrat mampu membuat wisatawan terpukau.

Bahkan menurut Zermatt.ch, area tersebut adalah salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi orang-orang setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Selain pemandangan Gunung Matterhorn, wisatawan juga akan disuguhi oleh gletser Monte Rosa dan gletser Gorner yang merupakan gletser terbesar kedua di Pegunungan Alpen.

Cara menuju Gornergrat

Jika sedang berada di Zermatt, cara terbaik untuk menuju Gornergrat adalah dengan menggunakan Gornergrat Bahn—kereta roda gigi berlistrik ramah lingkungan yang beroperasi sepanjang tahun.

Kamu hanya perlu mengunjungi Stasiun Zermatt untuk menaiki kereta sebelum diantarkan ke titik tertinggi Gornergrat guna menikmati pemandangan yang ada.

Ilustrasi Swiss - Pemandangan Gunung Matterhorn di Zermatt, Swiss (SHUTTERSTOCK/Jakl Lubos).SHUTTERSTOCK/Jakl Lubos Ilustrasi Swiss - Pemandangan Gunung Matterhorn di Zermatt, Swiss (SHUTTERSTOCK/Jakl Lubos).

Selama berada di stasiun keberangkatan, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk melihat pemandangan sambil menunggu jadwal kereta lantaran stasiun berada pada ketinggian 1.620 mdpl.

Baca juga: Kisah di Balik Landmark Kota Jenewa di Swiss, Awalnya Kesalahan Teknis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com