Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivitas Wisata di Jungle Milk Lembang, Camping hingga Piknik

Kompas.com - 02/04/2021, 09:09 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Belakangan, makin banyak camping ground yang mengusung konsep privat bermunculan. Salah satu yang baru adalah Jungle Milk di dekat Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

“Artinya, konsep privat itu kita batasi jumlah pengunjungnya. Jadi antarkelompok tenda itu masih berjarak,” kata owner sekaligus pengelola Jungle Milk Astrid Rijker saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/3/2021).

Untuk membatasinya, setiap pengunjung harus melakukan reservasi lebih dahulu minimal H-1. Pengunjung bisa mengambil beberapa paket wisata yang tersedia. Nantinya, hanya mereka yang sudah melakukan reservasi yang bisa masuk ke dalam kawasan Jungle Milk.

Astrid tidak membuka kunjungan harian yang hanya sekadar main saja, dan tidak mengambil paket wisata. Berikut ini beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Jungle Milk:

1. Camping privat

Aktivitas pertama adalah camping privat. Sekarang ini, Jungle Milk hanya bisa menerima sekitar 65 orang pengunjung atau sekitar 20 tenda per hari untuk aktivitas camping.

Dari luas lahan total sekitar 25 hektar, Astrid hanya mengalokasikan sekitar tiga sampai empat hektar saja untuk lahan camping.

Baca juga: Aktivitas Seru di Soekapi Camp Bogor, Bisa Jalan-jalan ke Curug Nangka

Dengan jumlah pembatasan tersebut, tiap rombongan dipastikan bisa memiliki area camping yang cukup dan terjaga jaraknya dari rombongan lain. Pengunjung juga bisa memilih spot camping sendiri sesuai keinginan.

“Sebenarnya, konsep dengan dikasih jarak antartenda itu enggak hanya di masa pandemi saja. Tapi konsep kita setelah pandemi berakhir pun akan tetap berjarak kayak gini,” terang Astris.

  • Camping Mandiri

Ada tiga paket camping yang bisa dipilih pengunjung. Pertama, adalah Camping Mandiri di mana pengunjung harus membawa peralatan camping sendiri. Tarifnya adalah Rp 125.000 per orang.

Kamu bisa membawa alat camping apa pun. Tenda dan matras misalnya, bisa juga membawa sleeping bag, kompor, alat api unggun, dan lain-lain.

Namun ada beberapa syarat tertentu. Misalnya, tidak boleh merusak rumput dengan menyalakan kompor dan api unggun langsung di atas rumput. Kamu harus menggunakan dudukan khusus.

Kawasan camping di Jungle Milk LembangDok. Jungle Milk Kawasan camping di Jungle Milk Lembang

  • Camping Manja

Kemudian Camping Manja, cocok untuk kamu yang tak memiliki alat-alat camping sendiri. Jungle Milk akan menyediakan segala macam peralatan dan perlengkapan camping.

Tarifnya adalah Rp 240.000 per orang sudah termasuk alat-alat berupa tenda untuk tiga orang, kasur busa, matras karet, bantal, selimut, sleeping bag, dan lampu tenda.

  • Camper Van

Terakhir adalah camper van, di mana kamu bisa membawa masuk mobilmu hingga ke area camping dan parkir tepat di sebelah tenda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com