Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Transportasi Saat Berwisata di Vietnam, dari Kereta Hingga Perahu

Kompas.com - 04/04/2021, 16:41 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comVietnam terletak di satu daratan yang sama. Hal itu membuat moda transportasi wisatawan yang ingin berkeliling menjadi mudah.

Pengunjung biasanya akan mengunjungi Hanoi di utara sampai ke Kota Ho Chi Minh, atau pun sebaliknya di hari pertama. Kemudian mereka bepergian ke seluruh bagian negeri naik bus, atau melalui jalur kereta yang mengelilingi garis pantai.

Baca juga: Vietnam Mulai Buka Tempat Wisata untuk Wisatawan Domestik

Sedangkan untuk mengunjungi bagian pedalaman yang jarang dikunjungi, para wisatawan bisa naik sepeda motor atau kapal feri.

Transportasi saat berwisata di Vietnam

Seperti dilansir dari Lonelyplanet.comberikut 6 trasnportasi yang bisa kamu gunakan saat bepergian menjelajahi Vietnam:

1. Kereta api

Naik kereta api untuk mengelilingi destinasi wisata di Vietnam seperti merupakan cara terbaik bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dan jalan yang berliku-liku.

Di Vietnam, kereta api dikategorikan menjadi dua, yaitu SE dan TN. Kereta dengan kode SE merupakan kereta tercepat dan modern. Sementara kereta dengan kode TN merupakan kereta yang sudah lama (tua) dan lambat.

Ilustrasi PIXABAY/Quangpraha Ilustrasi

Tiket kereta dibagi menjadi tiga kelas, yaitu hard seat, soft seat, hard sleeper, dan soft sleeper. Kelas-kelas ini juga biasanya dibagi menjadi dua pilihan, yaitu menggunakan AC dan tidak menggunakan AC.

Pihak penyedia jasa kereta api juga menyediakan tempat tidur dengan tiga tingkat. Biasanya, tempat tidur bagian atas merupakan ranjang yang paling murah dan tempat tidur bawah paling mahal.

Di dalam kereta juga terdapat kursi yang terbagi dalam dua pilihan, empuk dan bisa digunakan untuk tidur, serta kursi kayu atau biasa.

Baca juga: Ke Vietnam, Jajal Kereta Gantung di Ba Na Hills yang Memukau

Saat ini beberapa kereta juga menyediakan Wi-Fi, meski kecepatan koneksi tidak terlalu cepat. Sementara untuk tarif, harga tiket kereta cukup terjangkau dan bervariasi, tergantung pada rute kelas, dan jenis kereta.

Kamu bisa membeli tiket di stasiun kereta beberapa hari sebelum perjalanan, atau melalui online, 60 sampai 90 hari sebelumnya.

Saat memesan secara online, sebagian besar pengunjung menggunakan Bao Lau atau bisa juga pesan lewat situs web resmi Kereta Api Vietnam. Namun, pemesanan lewat situs web resmi hanya berlaku bagi orang yang memiliki kartu kredit Vietnam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com