Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian Wisata di TMII Bareng Anak, Main ke Taman Burung

Kompas.com - 08/04/2021, 20:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan wisata yang memiliki banyak pilihan tempat wisata menarik, mulai dari atraksi anak-anak hingga wisata budaya tersedia di sana.

Tidak hanya itu, TMII juga cocok untuk dikunjungi oleh orang dewasa karena kawasan wisatanya ramah bagi seluruh usia.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajah TMII, Bisa ke Mana Saja?

Jika kamu ingin berwisata ke sana namun tidak memiliki waktu libur yang panjang, berikut itinerary seharian wisata di TMII.

TMII sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar sejak dibuka kembali pada 20 Juni 2020. Namun, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan tidak bepergian jika sedang sakit.

Rekomendasi transportasi di TMII

TMII memiliki kawasan wisata yang luas. Untuk pilihan transportasi, kamu bisa naik kendaraan roda dua atau roda empat. Kendati demikian, guna memudahkanmu berpindah tempat wisata, penggunaan kendaraan roda dua lebih direkomendasikan.

Namun jika kamu membawa anak kecil dan lebih nyaman menggunakan kendaraan roda empat, kamu bisa memanfaatkan bus wisata warna-warni seharga Rp 10.000 per orang untuk dua kali transit.

Bus wisata yang kapasitasnya dibatasi pada era new normal di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Minggu (6/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Bus wisata yang kapasitasnya dibatasi pada era new normal di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (6/7/2020).

Mengutip https://www.tamanmini.com, ada juga fasilitas peminjaman sepeda single seharga Rp 15.000 per jam dan sepeda double Rp 25.000 per jam.

Pilihan tempat makan di TMII

Selain bisa membawa bekal, kamu juga bisa mencicipi beragam pilihan makanan yang tersedia di banyak tempat makan di TMII.

Apabila kamu sedang berada di dekat replika tugu Monas, di sana terdapat beberapa pedagang yang menjajalkan dagangannya.

Beberapa titik lain yang menyediakan pilihan tempat makan adalah deretan Taman Burung, area Keong Emas, dan area kereta gantung. Harganya beragam.

Pilihan tempat wisata di TMII

Sebelum menjelajahi kawasan wisata TMII, pengunjung dapat membeli tiket secara daring lewat https://ticket.tamanmini.com/ atau secara langsung. Jam operasional TMII adalah setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB.

Baca juga: Pengunjung TMII Bisa Beli Tiket di Lokasi, Ada Alat Sterilisasi Uang

Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang untuk pengunjung berusia tiga tahun ke atas. Untuk mobil, biaya masuknya adalah Rp 20.000, bus/truk Rp 40.000, motor Rp 15.000, dan sepeda Rp 1.000.

1. Dunia Air Tawar

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Dunia Air Tawar. Mereka buka setiap hari pukul 08.30-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 30.000 pada hari biasa dan Rp 35.000 pada akhir pekan.

Di sana, wisatawan bisa wisata edukasi ekosistem bawah laut sembari menikmati beragam jenis ikan yang ada termasuk ikan arapaima dan ikan arwana.

Area Kolam Ekosistem Dunia Air Tawar di Dunia Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (Instagram @datds_tmii).Instagram @datds_tmii Area Kolam Ekosistem Dunia Air Tawar di Dunia Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta (Instagram @datds_tmii).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com