Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Air di Klaten Tetap Buka meski Padusan Dilarang, Ini Aturannya

Kompas.com - 09/04/2021, 15:41 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Pemerintah Kabupaten Klaten mengizinkan wisata air tetap buka, meski tradisi padusan menjelang Ramadhan 2021 ditiadakan.

"Untuk sementara tradisi Padusan di Klaten ditiadakan, namun wisata Tirta tetap dibuka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Ia mengatakan bahwa wisata air di Klaten memang sudah dibuka sejak awal November 2020 dan hingga saat ini masih beroperasional seperti biasa.

Namun, pembukaan wisata air tersebut tetap mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro dengan pembatasan pengunjung 25 persen.

Baca juga: Tradisi Padusan, Ribuan Orang Padati Umbul Manten di Klaten

Tak hanya pembatasan pengunjung, jam operasional juga diberlakukan untuk mengurangi jumlah pengunjung. Jam buka wisata air di Klaten adalah pukul 08.00-15.00 WIB.

Aturan ini juga diterapkan saat momen padusan guna mencegah membludaknya pengunjung yang datang ke wisata air.

Tradisi padusan di Klaten tahun 2021 ditiadakan

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Klaten telah secara resmi meniadakan tradisi padusan menjelang Ramadhan tahun 2021 ini.

Kebijakan itu bertujuan untuk mencegah kerumunan massa yang dapat menyebabkan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Padusan merupakan tradisi Jawa dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang bermakna menyucikan jiwa dan raga saat memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.

Tradisi tahunan ini terus dilaksanakan di Kabupaten Klaten sebagai wujud pelestarian budaya jawa.

Biasanya menjelang Ramadhan, beberapa umbul di Klaten, seperti Umbul Manten dan Ponggok, selalu diserbu pengunjung yang akan melakukan tradisi padusan.

Baca juga: Tradisi Padusan di Klaten Tahun Ini Ditiadakan untuk Cegah Kerumunan

Pemkab Klaten akan mengoptimalkan Satgas penanganan Covid-19 pada pihak pengelola wisata dengan melibatkan Satgas Covid-19 di kecamatan untuk selalu siaga di tempat wisata air. 

Mereka akan berjaga di tempat wisata agar pengelola maupun pengunjung senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan tidak ada panggung hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com