Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngawi Punya Desa Wisata yang Menarik, Tertarik untuk Berkunjung?

Kompas.com - 18/04/2021, 06:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto mengatakan bahwa daerahnya memiliki 26 desa wisata rintisan.

Kendati demikian, dari jumlah tersebut, hanya sebagian saja yang masih bertahan hingga kini lantaran pengembangannya tidak semudah membangun tempat wisata buatan.

“Mereka pemberdayaan masyarakatnya, menjual potensi lokalnya, dan paket wisatanya. Mereka memang punya potensi, tapi hanya beberapa yang akhirnya bertahan,” ungkap Totok, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seru dan Wajib Mampir saat Mudik ke Ngawi

Adapun, beberapa desa wisata yang saat ini masih dapat dikunjungi adalah Desa Wisata Girikerto, Desa Wisata Ngrayudan, Desa Wisata Kayangan yang juga dikenal dengan Desa Wisata Brubuh, dan Argomunung.

Setelah diklasifikasi dan dilakukan pemetaan, dari 26 desa wisata tersebut, hanya sekitar 10-15 desa saja yang punya potensi untuk didampingi dan dikembangkan lebih lanjut.

Dari desa-desa wisata tersebut, apa saja potensi yang dimiliki yang patut dilirik oleh wisatawan saat berlibur ke Ngawi?

  • Desa Wisata Girikerto

Desa Wisata Girikerto berlokasi di Kecamatan Sine, tepatnya di wilayah atas Kabupaten Ngawi atau di lereng Gunung Lawu.

Saat berkunjung ke sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan kebun teh yang indah dan gagahnya Gunung Lawu.

Tempat wisata bernama Desa Wisata Girikerto di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Instagram @girikertourism).Instagram @girikertourism Tempat wisata bernama Desa Wisata Girikerto di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Instagram @girikertourism).

“Ada Kebun Teh Jamus milik swasta yang menjual alam. Selain membeli hasil produksi teh, ada sumber air yang dijadikan obyek wisata untuk kolam renang. Produksi teh mereka banyak sekali,” kata Totok.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Girikerto tidak hanya bisa menikmati sejuknya udara di perkebunan teh, namun juga memetik teh langsung dari kebunnya, dan membawa produk teh untuk oleh-oleh.

Baca juga: Lezatnya Soto Jamur dan Sate Jamur dari Desa Kuniran Ngawi

Berdasarkan booklet yang diberikan Totok, sejumlah fasilitas penunjang telah tersedia di Kebun Teh Jamus. Misalnya adalah beragam spot foto, taman bermain, taman, air terjun kecil, serta gazebo untuk bersantai.

Ada juga fasilitas seperti kamar mandi, toilet, area parkir yang luas, tempat untuk ibadah, serta pujasera jika ingin kulineran.

  • Desa Wisata Ngrayudan

Desa Wisata Ngrayudan terletak di Kecamatan Jogorogo. Tempat wisata ini memiliki Bumi Perkemahan Selondo yang dapat dikunjungi oleh mereka yang gemar berkemah.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat desa berhawa sejuk. Tidak hanya itu, mengutip dari berbagai sumber, untuk area perkemahan, kamu akan ditemani oleh pepohonan rindang yang masih asri.

Apabila ingin menikmati panorama alam yang lebih apik, kamu bisa berjalan ke arah jembatan gantung yang letaknya di atas sebuah aliran sungai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com