Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Dilarang, Tempat Wisata di Nganjuk Dipastikan Tetap Buka

Kompas.com - 22/04/2021, 06:06 WIB
Usman Hadi ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

NGANJUK, KOMPAS.com – Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, memastikan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Nganjuk tetap buka selama libur lebaran 2021.

Namun, hal itu bukan berarti tempat wisata bisa buka dengan leluasa seperti sebelum pandemi Covid-19.

Tempat wisata yang buka tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini menjadi salah satu syarat yang mesti dipenuhi tempat wisata.

Baca juga: 4 Wisata Unggulan di Nganjuk Masih Tutup Sementara

Adapun, beberapa tempat wisata unggulan di Kabupaten Nganjuk, antara lain Air Terjun Sedudo, Air Merambat Roro Kuning, Goa Margo Tresno, dan Taman Rekreasi Anjuk Ladang. Marhaen memastikan keempat destinasi wisata itu akan dibuka selama labaran 2021.

“Tetap kita buka nanti, wisata kita buka. Karena apa? Karena (warga) tidak boleh kemana-mana kan, harus (stay) di Nganjuk,” kata Marhaen kepada Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

Larangan mudik 2021

Seperti diketahui, pemerintah resmi melarang mudik dari 6 hingga 17 Mei 2021. Dalam kurun waktu itu, segala moda transportasi baik darat, laut, dan udara dilarang beroperasi.

Marhaen memaparkan beberapa pertimbangan pemerintah melarang mudik, tetapi di satu sisi membuka tempat wisata, salah satunya untuk menjaga keseimbangan ekonomi.

Ilustrasi MudikKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Ilustrasi Mudik

“Pemerintah daerah itu harus menyeimbangkan bahwa satu kesehatan bisa terkendali, ekonomi juga jangan terganggu, termasuk ya sosial-budaya. Ini yang juga harus jalan,” ujar dia.

“Kembali lagi kan Covid-19 itu ya terpenting jaga jarak, hindari kerumunan, jangan sampai jadi klaster baru,” sambung Marhaen.

3 Titik Penyekatan di Nganjuk

Sementara itu, lanjut Marhaen, Pemkab Ngajuk juga telah menyiapkan tiga titik penyekatan saat larangan mudik efektif diberlakukan pada 6 hingga 17 Mei 2021. Tiga lokasi itu bertempat di Exit Tol Begadung Nganjuk, di Kertosono, dan di Wilangan.

“Kita lakukan kerja sama Dishub, TNI, dan Polri,” sebut Marhaen.

Baca juga: Mudik Dilarang, Masyarakat Diminta Patuhi Aturan

Marhaen menyarankan warga Nganjuk yang merantau di luar daerah mengurungkan niatnya untuk mudik pada momen lebaran idul fitri tahun ini. Menurutnya, itu adalah pilihan terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com