Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Danau Maninjau Akan Punya Cable Car

Kompas.com - 22/04/2021, 18:15 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comDanau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ternyata memiliki banyak potensi wisata, mulai dari makanan khas, desa wisata, hingga panorama alam.

Baca juga: 5 Desa Wisata Spesial di Indonesia Versi Sandiaga Uno

Terkait hal itu, pemerintah mendukung upaya pengembangan pariwisata di Danau Maninjau, salah satunya rencana pembangunan cable car (kereta gantung).

Baca juga: Harapan Sandiaga Uno: Pariwisata Jadi Unggulan Pasca-pandemi

"Destinasi di Agam adalah destinasi unggulan berbasis keindahan alam dan keberlanjutan lingkungan. Kami sangat mendukung pariwisata di Kabupaten Agam, salah satunya rencana membangun cable car dan pengembangan destinasi lainnya," ujar Sandiaga Uno saat meninjau salah satu titik di Danau Maninjau, Sumatera Barat, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Sumatera Barat Bikin Panduan Protokol New Normal Pariwisata, Apa Saja?

Namun, dalam perencanaan pembangunan cable car ini Sandiaga mengingatkan pentingnya pembangunan dengan perencanaan yang matang tanpa membebani APBD ataupun APBN.

"Perencanaan harus dihitung betul baik bentangan, pondasi, kontur tanah, ini harus dilakukan survei, bentuk kerja samanya Public Private Partnership. Sehingga tidak memberatkan APBD (ataupun) APBN, tapi menggunakan dana investor dari badan usaha," pungkas Sandiaga.

Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Sumatera Barat, Rabu (21/4/2021).Dok. KEMENPAREKRAF.go.id Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Sumatera Barat, Rabu (21/4/2021).

Tidak hanya itu, menurutnya desa wisata di Agam juga perlu dikembangkan karena desa tersebut merupakan masa depan pariwisata Indonesia.

Baca juga: 5 Danau Indah di Sumatera Barat

Selain memiliki makanan khas dan pemandangan alam yang memukau, desa wisata tersebut memiliki produk unggulan ekonomi kreatif seperti tenun, songket, dan produk-produk kerajinan tangan lainnya.

"Apalagi di sini ada kuliner khas Danau Maninjau yakni Rinuak yang perlu semakin dikembangkan dengan adaptasi teknologi sehingga dapat membuka peluang lebih banyak lagi," ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Hadapi Libur Lebaran, Pemerintah Kabupaten Agam Tata Obyek Wisata

Lebih lanjut ia mengatakan, semangat dan motivasi merupakan kunci untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata. Ditambah lagi, selama setahun terakhir ini pariwisata berada dalam keadaan memprihatinkan.

Namun, pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan berbagai event menarik diimbau tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan disiplin.

"Kami berkoordinasi dengan Kadis Pariwisata setempat. Kita mengikuti jadwal yang sudah disiapkan, pastikan protokol kesehatan CHSE, kita optimalkan pendamping, Kharisma Event Nusantara, salah satu unggulannya yakni Tour De Singkarak," tambah Sandiaga Uno.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com