Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desa Bebas Kendaraan Bermotor di Swiss, Punya Udara yang Segar

Kompas.com - 25/04/2021, 17:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comSwiss adalah salah satu destinasi wisata di Eropa yang terkenal akan pegunungan Alpen yang indah, serta udaranya yang sejuk.

Meski hampir di seluruh area negara tersebut menawarkan udara segar, namun ternyata terdapat beberapa desa di Swiss yang udaranya dijamin segar dan bebas polusi.

Baca juga: 13 Kegiatan Seru di Swiss, Cocok untuk Wisata Keluarga

Sebab, desa-desa tersebut menerapkan sistem bebas kendaraan bermotor sehingga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati udara yang tidak terkontaminasi oleh asap kendaraan.

Melansir The Culture Trip, Selasa (11/4/2017), terdapat lima desa bebas kendaraan bermotor di Swiss dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Apa saja?

1. Bettmeralp

Bettmeralp adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Valais yang menawarkan pemandangan hamparan pegunungan Alpen.

Setibanya di sana usai berkendara menggunakan cable car, wisatawan dapat menikmati apiknya panorama yang ada.

Ilustrasi Swiss - Desa Bettmeralp di Swiss yang merupakan desa bebas kendaraan bermotor (Photo by Yves Moret on Unsplash).Photo by Yves Moret on Unsplash Ilustrasi Swiss - Desa Bettmeralp di Swiss yang merupakan desa bebas kendaraan bermotor (Photo by Yves Moret on Unsplash).

Namun jika ingin menikmati pemandangan yang tidak kalah menakjubkan, kamu bisa naik gondola ke Bettmerhornand untuk berkunjung ke Aletsch Glacier.

Tempat tersebut merupakan gletser terpanjang di pegunungan Alpen yang membentang sejauh 23 kilometer. Dari sana, kamu bisa berjalan di sepanjang Aletsch Panoramaweg sambil menikmati pemandangan.

Jangan lupa berkunjung ke hutan pinus Aletsch yang merupakan rumah dari pepohonan paling tua di Swiss. Saat berada di sana, mungkin kamu akan merasa seperti berada di dunia Narnia.

2. Rigi

Rigi berlokasi di Swiss Tengah dan jaraknya cukup dekat dari Lucerne. Alhasil, sebagian pemandangan negara tersebut pun terlihat dari sana.

Baca juga: Wisata Keluarga ke Swiss, Pilih Group Tour atau Sendiri?

Untuk menuju ke Rigi, pengunjung dapat menggunakan kereta roda bergigi pertama di Eropa dari Vintznau. Adapun, rel tersebut merupakan rel tua lantaran dibangun pada 1871.

Ilustrasi Swiss - Pemandangan Rigi di Swiss Tengah (Photo by Than Tibbetts on Unsplash).Photo by Than Tibbetts on Unsplash Ilustrasi Swiss - Pemandangan Rigi di Swiss Tengah (Photo by Than Tibbetts on Unsplash).

Setibanya di desa tersebut, pemandangan pegunungan Alpen dan 13 danau akan langsung menyambutmu.

Biasanya pada musim panas, operator gondola Rigi akan menawarkan opsi makan malam romantis di kabin gondola.

Saat memulai perjalanan, kamu akan diberikan makanan pembuka, lalu berhenti untuk menikmati hidangan utama. Pada saat turun ke bawah, kamu akan diberikan hidangan penutup yang lezat.

3. Saas-Fee

Saas-Fee, juga dikenal sebagai mutiara pegunungan Alpen, terletak di dataran tinggi 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dikelilingi oleh 18 puncak gunung setinggi lebih dari 4.000 meter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com