Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Rinjani Tutup 12-14 Mei, Ini Prosedur Reschedule Pendakian

Kompas.com - 26/04/2021, 15:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan ditutup pada 12-14 Mei 2021 guna memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh akun Instagram @gunungrinjani_nationalpark, Sabtu (24/4/2021), penutupan berdasarkan Surat Pengumuman Nomor PG 17/T.39/TU/KSA/4/2021.

Adapun, surat tersebut tentang Penutupan Sementara Kegiatan Wisata di Jalur Wisata Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani. Surat ditetapkan pada 13 April.

Baca juga: 6 Fakta Gunung Rinjani yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Kepala Balai TNGR Dedy Asriady mengatakan, calon pendaki yang sudah melakukan pemesanan pendakian pada periode tersebut tidak perlu khawatir soal penjadwalan ulang jadwal pendakian.

“Di standar operasional prosedur itu, setiap penutupan ada mekanisme penjadwalan ulang. Calon pendaki bisa telepon call center, lewat aplikasi eRinjani juga sudah ada fasilitasnya,” tutur dia, Minggu (25/4/2021).

Dedy menjelaskan bahwa jika ada sesuatu terkait jalur pendakian, misalnya penutupan, pihaknya akan langsung mengirim pemberitahuan kepada para pendaki yang sudah reservasi.

Bagi yang mendaki secara mandiri, mereka akan langsung mendapat pemberitahuan tersebut. Sementara bagi yang menggunakan jasa Trekking Organizer (TO), maka pihak TO akan memberitahu si pendaki.

Baca juga: Tak Ada Petugas Check Out di Sembalun Rinjani, TNGR: Hubungi Call Centre

Jika ingin melakukan penjadwalan ulang pendakian Gunung Rinjani melalui call center, nomornya adalah +62811283939.

Sebelum melakukan penjadwalan ulang, jangan lupa untuk siapkan berkas-berkas terkait. Misalnya kode pemesanan pendakian atau identitas diri yang digunakan saat mendaftar.

Sore Hari di Plawangan Sembalun Gunung Rinjani.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sore Hari di Plawangan Sembalun Gunung Rinjani.

Tutup untuk Hari Raya Idul Fitri

Balai TNGR akan menutup seluruh jalur pendakian pada 12-14 Mei mendatang dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Dedy mengatakan, hal itu sudah tertera dalam standar operasional prosedur (SOP) tentang pendakian Gunung Rinjani yang disusun pada 2018.

“Satu, itu gunanya untuk menghargai hari-hari besar,” ujarnya.

Baca juga: 6 Tips Aman Mendaki Gunung Rinjani, Cari Porter atau Komunitas Lokal

Lebih lanjut, penutupan tersebut akan memungkinkan petugas, pengunjung, serta pelaku wisata pendakian seperti porter dan pemandu memiliki waktu untuk keluarganya.

Kendati demikian, Dedy menjelaskan bahwa para pendaki masih bisa berkunjung ke Gunung Rinjani sebelum dan pasca-penutupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com