Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Batasi Perjalanan dari India Mulai 4 Mei 2021

Kompas.com - 02/05/2021, 09:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan akan membatasi perjalanan dari India mulai Selasa (4/5/2021).

Melansir CNN, Jumat (30/4/2021), keputusan itu merupakan respons terhadap meningkatnya kasus Covid-19 di India dan varian-varian yang tengah diobservasi di negara tersebut.

“Berdasarkan saran dari Centers for Disease Control and Prevention, pemerintah akan membatasi perjalanan dari India secepatnya,” kata Press Secretary Gedung Putih Jen Pskai dalam sebuah pernyataan, mengutip CNN.

Baca juga: 11 Taman Hiburan di Amerika Serikat Ini Akan Segera Buka

Ia melanjutkan, kebijakan diterapkan mengingat kasus Covid-19 dan berbagai varian yang beredar di India. Kebijakan akan berlaku mulai Selasa, 4 Mei 2021.

Seorang sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan, pemerintah AS akan mengeluarkan perintah 212(f) yang membatasi masuknya warga negara asing (WNA) yang telah berada di India selama 14 hari sebelumnya.

Lebih lanjut, sumber itu mengatakan bahwa maskapai penerbangan telah diberi tahu tentang keputusan tersebut.

Berlaku mulai 4 Mei 2021

Kebijakan baru ini akan berlaku pada Selasa pukul 00.01 waktu setempat. Namun, kebijakan tidak berlaku bagi WN AS, penduduk tetap yang sah, atau orang lain dengan pengecualian.

Sementara itu untuk pelancong internasional, mereka yang masuk kriteria yang bepergian dari India harus tetap memiliki hasil tes negatif sebelum meninggalkan negara tersebut.

Ilustrasi India - Pemandangan Taj Mahal (Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash).Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash Ilustrasi India - Pemandangan Taj Mahal (Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash).

Selanjutnya, jika belum divaksinasi Covid-19, mereka harus dikarantina dan dites negatif lagi setelah masuk ke AS dari India. Pembatasan juga tidak berlaku bagi pekerja kemanusiaan.

Sehari sebelum diumumkannya pembatasan perjalanan dari India, maskapai penerbangan nasional India yakni Air India mengumumkan sebuah rencana.

Baca juga: Museum di AS Ini Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Adapun, mereka berencana untuk memperkenalkan kembali frekuensi penerbangan langsung yang mendekati pra-pandemi ke AS pada paruh pertama Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com