Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 23/01/2022, 16:47 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada beberapa gunung dekat Jakarta yang bisa menjadi alternatif destinasi, termasuk bagi kamu yang ingin mencari hawa sejuk dan hendak beristirahat sejenak dari rutinitas harian.

Selain membuat fisik tidak cepat lelah saat berwisata, hawa sejuk juga dapat membuat seseorang lebih santai dan tenang.

Jika berdomisili di Jakarta, kamu bisa manfaatkan waktu luang untuk melakukan wisata lokal dengan mengunjungi gunung-gunung sekitar Ibu Kota untuk menikmati udara segar.

Baca juga: 4 Wisata di Jabar dengan Pemandangan Gunung yang Indah

Gunung dekat Jakarta untuk liburan

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum enam gunung dekat Jakarta yang masih ada di kawasan Jabodetabek, Minggu (02/05/2021).

Ingat, sebelum pergi, cek kembali informasi tentang destinasi yang akan kamu kunjungi, seperti jam buka dan harga tiket terbaru, serta perjalanan menuju ke sana. Sebab, semuanya akan memengaruhi persiapanmu.

1. Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor

Siluet senja di lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango, selepas hujan. Gunung Pangrango bisa jadi pilihan jika kamu mencari gunung dekat Jakarta.KOMPAS.COM / VITORIO MANTALEAN Siluet senja di lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango, selepas hujan. Gunung Pangrango bisa jadi pilihan jika kamu mencari gunung dekat Jakarta.

Gunung Pangrango merupakan salah satu dari dua gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bersama Gunung Gede.

Gunung ini bisa menjadi pilihan jika kamu mencari gunung dekat Jakarta.

Meski begitu, Gunung Gede tidak masuk dalam wilayah Jabodetabek lantaran lokasinya berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Sementara itu, Gunung Pangrango juga terletak di Kabupaten Bogor.

Jika tidak ingin mendaki, kamu bisa berkunjung ke Curug Cikaracak di kaki gunung tersebut yang lokasinya berada di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.

Curug ini diapit oleh dua tebing yang memukai. Selain megahnya air terjun, pemandangan lain yang akan menyambutmu adalah sawah, sungai, dan kebun. Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng via tol Jagorawi adalah sekitar 76,1 kilometer (km) atau 1 jam 25 menit.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 untuk parkir motor dan Rp 20.000 untuk parkir mobil.

Apabila ingin mendaki, kamu bisa lewat jalur pendakian via Gunung Putri jika ingin menikmati indahnya Alun-alun Surya Kencana dan berfoto dengan bungan edelweiss.

Tarif mendaki Gunung Pangrango adalah Rp 29.000 per orang pada hari kerja, Rp 34.000 pada hari libur, Rp 17.500 untuk pelajar pada hari kerja, dan Rp 20.500 untuk pelajar pada hari libur.

Bagi pelajar yang hendak mendaki, dalam satu grup harus terdiri dari sepuluh orang yang memegang kartu identitas pelajar atau mahasiswa.

Baca juga: Wisata Alam Sevillage Puncak, Tempat Glamping dengan Panorama Gunung Pangrango

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com