Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pantai Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Ketenangan

Kompas.com - Diperbarui 12/09/2022, 10:46 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hiruk pikuk dan kemacetan Jakarta kadang tak bisa dihindari lagi, terutama bagi yang bekerja dan menetap di ibu kota Indonesia ini.

Kendati demikian, kita bisa mengunjungi sejumlah pantai dekat Jakarta yang tak jauh dari pusat ibu kota untuk melepas penat.

Baca juga: 6 Gunung Dekat Jakarta, Cocok untuk Para Pencinta Kesegaran

Bersantai di pinggir pantai dan menjajal aktivitas di sana bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu akhir pekan.

Sejumlah pantai dekat Jakarta ini bisa dicapai dalam waktu beberapa jam saja menggunakan kapal atau kendaraan pribadi.

Pilihan wisata pantai dekat Jakarta

Berikut Kompas.com rangkum 10 pantai dekat Jakarta yang bisa dijadikan alternatif tempat liburan atau menghabiskan akhir pekanmu, Rabu (05/05/2021):

1. Pantai Ancol

Kawasan Pantai Ancol, salah satu pantai dekat Jakarta yang dapat dikunjungi.dok. Taman Impian Jaya Ancol Kawasan Pantai Ancol, salah satu pantai dekat Jakarta yang dapat dikunjungi.

Pantai Ancol berlokasi di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara, tepatnya satu kawasan dengan obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Jika mencari pilihan pantai yang lokasinya masih dekat dengan pusat kota, maka kamu bisa mampir ke kawasan Pantai Ancol.

Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan domestik maupun asing lantaran berada di kawasan wisata yang terbilang lengkap.

Baca juga: Mengintip Resor di Ancol, Lokasi Pernikahan Putri Anies Baswedan

Selain bersantai dan berfoto di pinggir pantai pengunjung juga bisa bermain ke tempat wisata lainnya yang ada d kawasan ini, seperti Taman Impian Jaya Ancol, mulai dari Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, dan Seaworld.

Tak hanya itu, fasilitas di pantai ini juga lengkap, di antaranya tempat makan, toilet, dan kamar mandi bagi pengunjung yang berenang di pantai.

Jika berkunjung ke Pantai Ancol, wisatawan perlu membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang dengan harga tiket masuk kendaraan mulai dari Rp 15.000 (motor) hingga Rp 25.000 (mobil).

2. Pantai Florida

Berlokasi di Desa Ciparay, Anyer, Pantai Florida juga bisa menjadi pilihan pantai dekat Jakarta untuk wisata akhir pekan.

Pemandangan pantai ini sungguh eksotis dan tak bakal mengecewakan. Hamparan pasir putih yang bersih membuat Pantai Florida terlihat indah sekaligus menyuguhkan suasana yang tenang.

Baca juga:

Tidak hanya bersantai di pinggiran pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Uniknya, sunset di pantai ini berada tepat di tengah, bukan di sebelah kiri, seperti di Pantai Anyer dan sekitarnya.

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 133 km atau sekitar dua jam.

3. Pantai Carita

Suasana di kawasan Pantai Carita, Banten, Selasa (30/4/2019). Carita adalah salah satu pantai dekat Jakarta yang dapat dikunjungi.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di kawasan Pantai Carita, Banten, Selasa (30/4/2019). Carita adalah salah satu pantai dekat Jakarta yang dapat dikunjungi.

Pantai Carita juga bisa dikunjungi jika mencari pantai dekat Jakarta. Pantai ini berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh pasir putih kecokelatan yang lembut dan hamparan laut yang memesona.

Kamu bisa menginap dan bersantai di pinggiran pantai. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air, di antaranya snorkeling, banana boat, surfing, dan ber-jet ski.

Baca juga: Berburu Senja di Carita yang Tak Lagi Berduka

Jika belum berani melakukan aktivitas olahraga air, kamu juga bisa berenang di tepi laut menggunakan ban yang disewakan oleh para pedagang setempat.

Adapun pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke Pantai Carita. 

Jarak tempuh dari Jakarta area Menteng, via Tol Merak-Jakarta atau Tol Tangerang-Merak adalah sekitar 157 km atau sekitar dua jam 58 menit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com