Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jakarta, Ada Bazar Hampers Produk Ekraf Gratis Ongkir

Kompas.com - 05/05/2021, 22:05 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adanya larangan mudik Lebaran 2021 membuat keberadaan bingkisan lebaran atau hampers menjadi salah satu alternatif untuk mempererat tali silaturahmi.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar bazar yang menghadirkan beraneka paket hampers berisi produk-produk UMKM terpilih. 

Bazar bernama #GakMudikDibikinAsik itu akan diselenggarakan di Trans Studio Mall Cibubur, Jawa Barat, mulai 6-16 Mei 2021. 

Baca juga: Kemenparekraf akan Berikan Dana Hibah untuk Bantu Pelaku Ekraf

Adapun paket yang tersedia terdiri dari berbagai subsektor, antara lain subsektor kuliner (kue lebaran atau kopi), kriya (keramik dan fashion), dan perlengkapan ibadah dengan harga kompetitif.  

Selain mendapat harga yang kompetitif, masyarakat juga bisa mengirim hampers secara gratis ke seluruh Indonesia melalui Pos Indonesia.

Baca juga: Larangan Mudik, Hotel Diharapkan Beri Paket Staycation Bonus Hampers Isi Produk Lokal

Setiap belanja hampers dengan minimal transaksi sebesar Rp350.000, pengunjung akan mendapat diskon sebesar Rp100.000 dan satu tiket masuk ke theme park Trans Studio Cibubur untuk satu orang. Tiket masuk tersebut hanya bisa digunakan saat objek wisata itu dibuka kembali pada 14 Mei 2021. 

Lebih lanjut, bazar ini juga akan menghadirkan aktivitas menarik lainnya, yaitu Photobooth Upside Down, demo membatik, cultural performance, dan demo siluet wajah. Booth bazar juga didesain dengan sentuhan pedesaan guna mengobati kerinduan pengunjung yang tidak bisa pulang ke kampung halaman mereka.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Trans Studio Mall Cibubur dan Pos Indonesia mengadakan bazar #GakMudikDibikinAsik pada 6-16 Mei, 2021, di Trans Studio Mall Cibubur, Jawa Barat. Bazar tersebut menawarkan paket bingkisan lebaran berisi produk-produk UMKM yang terkurasi. Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Trans Studio Mall Cibubur dan Pos Indonesia mengadakan bazar #GakMudikDibikinAsik pada 6-16 Mei, 2021, di Trans Studio Mall Cibubur, Jawa Barat. Bazar tersebut menawarkan paket bingkisan lebaran berisi produk-produk UMKM yang terkurasi.

"Mengirimkan bingkisan lebaran berisikan produk lokal ini bisa menjadi salah satu cara dalam menyambung silaturahmi, menggantikan kehadiran kita di kampung halaman," tutur Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya menurut rilis yang diterima Kompas.com pada Selasa (4/5/2021).

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, jalinan silaturahmi yang diwujudkan dengan pengiriman paket hampers kepada kerabat tetap terjalin," tambahnya.

Baca juga: Patuhi Protokol Kesehatan Saat Bepergian meski Sudah Divaksin, Ini Alasannya

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk dapat mengikuti kebijakan yang telah diambil pemerintah.

Ia menuturkan, walau tidak bisa mudik, masyarakat tetap dapat bersilaturahmi dan merasakan suasana kampung halaman dengan belanja hampers untuk dikirim ke keluarga di kampung halaman sebagai gantinya.

"Selain (itu) juga dapat mendukung gerakan mencintai produk lokal dan memulihkan roda ekonomi pelaku usaha dan pengrajin UMKM," ujar Sandiaga.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Sandiaga Ajak Masyarakat Dukung Wisata Lokal

Ia memastikan penyelenggaraan bazar akan dilakukan dengan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environment) yang ketat dan disiplin sehingga pengunjung akan merasa aman saat berbelanja. 

Kendati demikian, pengunjung tetap harus memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com