Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata Gunungkidul Tetap Buka Saat Libur Lebaran, Asalkan...

Kompas.com - 06/05/2021, 16:04 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak akan menutup tempat wisata saat libur lebaran 2021.

Meski begitu, wisatawan diharapkan menerapkan protokol kesehatan selama berlibur, dan tidak ada screening di lokasi wisata. 

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, juga tidak akan melakukan pemeriksaan di pintu masuk kawasan wisata karena sudah ada penyekatan di pintu masuk DIY.

Namun, pihaknya tetap akan menambah jumlah person2l untuk melakukan pengawasan di kawasan wisata.

Baca juga: Mudik Dilarang, Gunungkidul dan Bantul Maksimalkan Wisatawan Lokal

 

"Tidak ada penutupan selama libur lebaran," kata Harry saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (6/5/2021)

Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan rencananya akan ada 359 personel mulai dari unsus TNI, Polri, tenaga kesehatan, anggota SAR Satlinmas, Pol PP, hingga pegawai Dinas Pariwisata untuk pengawasan di kawasan wisata

Boleh buka asalkan ada di zona hijau

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan bahwa tempat wisat boleh buka, asalkan ada di zona hijau. Jika tempat wisata masuk dalam zona oranye atau merah, maka harus tutup.

"Pengawasan akan terus dilakukan secara ketat. Yang jelas saat zonanya masih hijau maka wisata boleh buka, tapi kalau zonanya masuk oranye maka harus ditutup," kata Sunaryanta.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan libur lebaran nanti.

Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

 

"Imbauan saya tetap ikuti anjuran dari pemerintah untuk tidak mudik. Upaya memperkuat tali silahturahim saat lebaran tidak harus bertemu secara langsung karena bisa memanfaatkan perkembangan teknologi, sehingga semuanya bisa aman dan sehat," ujar Sunaryanta

Adapun, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan bahwa operasional tempat wisata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Baca juga: Mudik Dilarang, Kunjungan Wisata ke Bantul dan Gunungkidul Saat Lebaran Diprediksi Anjlok

 

Pemkab sudah menetapkan pembukaan berdasarkan peta zonasi kerawanan Covid-19. Hal ini mengacu pada pelaksanaan PPKM berskala mikro. Rencanannya, peta zonasi dilakukan update secara berkala.

"Yang terpenting wisatawan tetap menjaga protokol kesehatan," imbuh Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com