Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2021, The Lawu Park Bakal Terapkan Aturan Waiting List

Kompas.com - 06/05/2021, 19:24 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski pemerintah melarang mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021, masyarakat masih bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lokal di daerah masing-masing.

Berbagai destinasi wisata menerapkan sejumlah aturan guna mengantisipasi lonjakan pengunjung saat Lebaran 2021 sekaligus menekan penularan Covid-19.

Salah satu destinasi tersebut adalah The Lawu Park di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jelang Lebaran 2021, Manajer Operasional The Lawu Park Anggun Nilla Monica mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lima aturan yang harus ditaati para wisatawan saat berkunjung ke objek wisata itu. 

Baca juga: Lawu Park Tawangmangu Buka Kembali, Jumlah Pengunjung Dibatasi

"Kalau untuk saat ini hingga Lebaran 2021 nanti, The Lawu Park sudah memberlakukan lima aturan di kawasan objek wisata sendiri untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19). Mulai dari protokol kesehatan hingga pengawasan ketat yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 yang selalu siaga di tempat wisata," kata Anggun saat dihubungi oleh Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Taman salju di objek wisata The Lawu Park II Karanganyar, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Taman salju di objek wisata The Lawu Park II Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca juga: Wisata ke Tawangmangu Wonder Park, Bisa Camping hingga Outbound

Apabila berencana pergi ke The Lawu Park saat lebaran nanti, simak dulu lima aturan yang sudah Kompas.com rangkum, Kamis (6/5/2021):

1. Wajib menerapkan protokol kesehatan

Saat berkunjung ke The Lawu Park, wisatawan dihimbau untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku, di antaranya selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. 

Selain itu, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan berupa alat cek suhu untuk mengecek suhu tubuh pengunjung sebelum mereka masuk ke kawasan wisata.

Selanjutnya, pihak pengelola juga telah menyiapkan tempat cuci tangan di berbagai titik yang bisa digunakan wisatawan untuk mencuci tangan selama berada di dalam area wisata.

Pengunjung diingatkan untuk menjaga jarak satu sama lain. Dalam hal ini, pengelola telah menempatkan Satgas Covid-19 di kawasan wisata untuk melakukan pengawasan terhadap para wisatawan.

Baca juga: Lawu Park, Sensasi Menikmati Salju di Tawangmangu

2. Pembatasan pengunjung

Selain protokol kesehatan, The Lawu Park juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen. 

Jika sebelumnya kuota pengunjung adalah 200 orang, namun saat masa pandemi Covid-19 ini kuota pengunjung dikurangi menjadi 100 orang saja.

Kebijakan tersebut dibuat guna mencegah kerumunan massa yang kemungkinan dapat memicu penyebaran virus Covid-19 di kawasan The Lawu Park.

3. Menerapkan sistem waiting list

Pengelola The Lawu Park menerapkan sistem waiting list (daftar menunggu) saat Lebaran 2021 nanti.

Melalui sistem ini, wisatawan akan masuk dan keluar objek wisata secara bergantian dengan wisatawan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com