Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air: Rute Jakarta-Wuhan PP adalah Penerbangan Carter

Kompas.com - 07/05/2021, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Lion Air mengatakan, rute pergi-pulang (PP) Jakarta via Bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju Wuhan via Bandara Internasional Tianhe, China, adalah penerbangan tidak berjadwal atau sewa (carter).

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Kamis (6/5/2021), mereka juga menegaskan dan memastikan bahwa penerbangan itu bukan penerbangan internasional berjadwal (regular flight).

“Penerbangan sewa untuk penumpang khusus secara grup (bukan penumpang umum ) yang dijalankan Lion Air sudah memenuhi persyaratan terbang dan mendapatkan izin terbang pada 18-19 April 2021 dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub,” kata mereka dalam siaran pers tersebut.

Baca juga: 5 Alasan Wajib Berkunjung ke Yellow Crane Tower Saat di Wuhan China

Lebih lanjut, maskapai ini menjelaskan, tujuan penerbangan sewat tersebut adalah untuk melayani penerbangan dengan tujuan pengangkutan dan kepentingan pekerjaan perusahaan.

Sudah penuhi syarat

Selain memenuhi persyaratan dokumen perjalanan udara, penerbangan tersebut juga memenuhi syarat uji kesehatan dan dokumen kesehatan dengan tetap menjalankan proses karantina sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun mereka memenuhi ketentuan penerbangan internasional yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2021 Kemenhub tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Ada juga SE Nomor 8 Tahun 2021 Satgas Penanganan Covid-19 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Tips Cari Kuliner Halal di Wuhan China

“Semua penumpang sudah memenuhi syarat keimigrasian, seperti dokumen yang menjadi alat bukti diizinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara atau visa,” terang maskapai penerbangan tersebut.

Selanjutnya adalah mereka juga memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap), Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), dan hasil negatif tes PCR.

Mereka yang berada dalam penerbangan PP rute Jakarta-Wuhan juga sudah mengikuti karantina kesehatan dan tes PCR dua kali dengan hasil negatif.

Penerbangan rute Jakarta-Wuhan buka lagi

Sebelumnya, mengutip Kompas.com, Rabu (28/4/2021), beredar kabar bahwa Lion Air kembali membuka penerbangan PP rute Jakarta-Wuhan setiap Senin dengan pesawat Boeing 737-900.

Pesawat Lion AirAirbus Pesawat Lion Air

Adapun pesawat bernomor penerbangan JT-2619 terbang dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan mendarat di Wuhan, China, pada pukul 12.25 WIB.

Sementara itu, untuk keberangkatan dari Wuhan, nomor penerbangan berganti menjadi JT-2618 dengan jadwal keberangkatan pukul 15.10 waktu setempat atau 14.10 WIB sebelum tiba di Jakarta pada 20.20 WIB.

Baca juga: 5 Alasan East Lake di Wuhan China Disukai Wisatawan

Pada saat itu, Kompas.com telah mencoba mengontak pihak Lion Air untuk mengonfirmasi kabar tersebut, tetapi belum menerima jawaban hingga mendapat keterangan pers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com