Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2021, Pemkab Magelang Tutup Semua Tempat Wisata

Kompas.com - 08/05/2021, 15:31 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang, Jawa Tengah, menutup semua tempat wisata selama libur Lebaran 2021 guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Penutupan berlangsung Selasa-Senin (4-17 Mei 2021). Tempat wisata baru akan dibuka kembali pada Selasa (18/5/2021).

Berdasarkan unggahan akun Instagram resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang, Sabtu (8/5/2021), penutupan destinasi wisata ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Nomor: 443.5/1729/01.01/2021.

Baca juga: Linggarjati Joglo, Penginapan Glamping Unik di Magelang

Adapun Surat Edaran tersebut tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

"Mulai pusat, provinsi, sampai ke daerah, untuk daerah dengan zona oranye dan merah, tempat wisatanya ditutup," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi saat Konferensi Pers PenangananCovid-19 Kabupaten Magelang, Jumat (7/5/2021), dilansir dari Tribunnews

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Diskominfo Kabupaten Magelang (@kominfomagelang)

Dalam unggahan tersebut, disampaikan bagi semua pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Magelang untuk mematuhi peraturan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan Peraturan Pemerintah.

Tempat wisata di Magelang dibuka saat Lebaran 2021

Sebelumnya, Pemerintah telah secara resmi melarang mudik Hari Raya Idul Fitri 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meski begitu, masyarakat tetap bisa berwisata selama periode pelarangan itu di domisili masing-masing. Hal itu karena semua tempat wisata di Indonesia tetap buka.

Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung SumbingKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang di Kaki Gunung Sumbing

Kabar itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, di Kantor Kemenko PMK, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Berwisata ke Silancur Highland Magelang, Ini Panduan Lengkapnya

Meski begitu, tempat wisata yang buka tetap harus mematuhi protokol Kesehatan dan CHSE guna menekan kasus Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com