Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Penerbangan Carter yang Disetop Menhub Selama Larangan Mudik?

Kompas.com - 11/05/2021, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah sepakat untuk menyetop penerbangan carter dari luar negeri selama larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Melansir Kompas.com, Senin (10/5/2021), keputusan diambil dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo yang juga dihadiri Meneri Koordinator Bidang Perekonomian Arilangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin.

“Terkait penggunaan pesawat udara, sudah disetujui bahwa tidak ada penerbangan carter selama masa peniadaan mudik ini,” ungkap dia dalam konferensi pers virtual.

Baca juga: Lion Air Buka Lagi Penerbangan Jakarta-Wuhan

Keputusan tersebut diambil selang beberapa hari setelah masuknya penerbangan carter rute Wuhan-Jakarta yang menangkut warga negara asing (WNA) asal China untuk kepentingan pekerjaan.

Namun, apa itu penerbangan carter? Apakah sama seperti penerbangan biasa, tetapi hanya untuk penerbangan yang berkaitan dengan bisnis atau pekerjaan?

Mengutip Simple Flying, Minggu (9/5/2021), penerbangan carter memiliki peran yang integral dalam industri penerbangan di dunia.

Civil Aviation Organisation mengklasifikasikan kegiatan penerbangan sipil menjadi dua kelompok, yakni umum dan komersial. Rinciannya sebagai berikut:

Baca juga: Lion Air: Rute Jakarta-Wuhan PP adalah Penerbangan Carter

  • Penerbangan umum

Penerbangan umum meliputi penerbangan instruksional, kesenangan, bisnis non-komersial, pekerjaan udara, dan penerbangan lainnya.

  • Penerbangan komersial

Penerbangan komersial terbagi antara penerbangan terjadwal dan tidak terjadwal. Penerbangan tidak terjadwal mencakup operasi sesuai permintaan seperti taksi udara dan penerbangan bisnis komersial, termasuk layanan carter.

Pengertian penerbangan carter

Pada umumnya, penerbangan carter merupakan penerbangan tidak terjadwal. Penerbangan ini melibatkan pesawat yang disewa untuk perjalanan tertentu.

Selain itu, perjalanan tersebut bukan bagian dari jadwal biasanya maskapai penerbangan. Namun, penerbangan carter memiliki banyak jenis yakni sebagai berikut:

  • Pribadi

Penerbangan carter jenis pribadi adalah ketika seseorang menyewa semua pesawat dan bukan memesan kursi tertentu pada layanan komersial dengan sewa pribadi.

  • Publik

Penerbangan carter jenis publik adalah saat maskapai menawarkan layanan ke tujuan tertentu secara terbatas.

Sunset di Bandara Ngurah RaiShutterstock/I Gede Arya Wisnu Karsana Sunset di Bandara Ngurah Rai

Sering kali, penerbangan ini bersifat musiman dan dapat disediakan operator tur yang menyewa pesawat.

  • Kargo

Sama seperti layanan komersial terjadwal, barang juga dapat diterbangkan dengan layanan carter. Peningkatan layanan jenis ini terjadi di tengah pasokan medis mendesak yang harus berpindah-pindah ke seluruh dunia di tengah pandemi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com