Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Pariwisata Mesir Diharapkan Pulih Akhir Tahun 2021

Kompas.com - 17/05/2021, 20:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber REUTERS

KOMPAS.com – Pemerintah Mesir optimis akan menyambut lebih banyak wisatawan pada tahun 2021.

Menurut keterangan Menteri Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir Khaled El-Enany, terdapat peningkatan jumlah wisatawan sejak Januari menjadi sekitar setengah juta wisatawan dalam sebulan.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Mesir yang Dekat dengan Terusan Suez

Melansir dari Reuters pada Minggu (16/5/2021), pendapatan dari sektor pariwisata turun 70 persen di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Biasanya sektor pariwisata menyumbang hingga 15 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) negara tersebut.

Adapun, pendapatan pariwisata bulanan Mesir mencapai 500 juta dollar Amerika Serikat (AS) di bulan April atau setengah dari pendapatan mereka sebelum pandemi.

Baca juga: Masjid Tertua di Mesir, Awalnya Terbuat dari Pohon Palem

Kendati demikian, Mesir tetap berharap agar sektor pariwisata pulih pada akhir tahun. Harapan itu sesuai dengan target mereka untuk memvaksinasi pegawai di sejumlah resort di sepanjang Laut Merah dan menamai area tersebut sebagai destinasi bebas Covid-19.

“Lebih dari 65 persen wisatawan datang ke Laut Merah dan Sinai Selatan karena dua wilayah tersebut merupakan ruang terbuka dengan beragam wisata air. Hal itulah yang dicari para turis setelah pandemi,” kata Khaled kepada Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber REUTERS
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com