Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Buka Lagi, Wisatawan KTP non-DKI Boleh Datang

Kompas.com - 18/05/2021, 20:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah dibuka kembali pada Selasa (18/5/2021) setelah ditutup untuk sementara waktu pada 16-17 Mei 2021.

“Hari ini TMII kembali buka dengan pemberlakuan kapasitas maksimal 50 persen (30.000 orang),” seperti yang tertera dalam akun Instagram @tmiiofficial pada salah satu unggahannya, Selasa.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajah TMII, Bisa ke Mana Saja?

Dalam pembukaan kembali tersebut, pihak tempat wisata mengizinkan wisatawan dengan KTP non-DKI Jakarta untuk berkunjung.

Adapun, hal tersebut diumumkan oleh akun @tmiiofficial saat membalas sebuah pertanyaan dari @renny1905 dalam kolom komentar yang bertanya seputar apakah kunjungan wisatawan hanya terbatas untuk KTP DKI Jakarta saja.

“Bebas kak. Jangan lupa 3M ya,” ujar akun resmi tempat wisata tersebut.

Baca juga: Cara Naik Kereta Gantung TMII Saat New Normal

Hal tersebut juga diamini oleh Kepala Humas TMII Adi Widodo dalam pemberitaan Kompas.com, Selasa, yang juga mengatakan bahwa wisatawan non-DKI sudah bisa berkunjung ke sana.

Terkait pembatasan kunjungan, jika TMII sudah mencapai 30.000 wisatawan, pihak tempat wisata akan menerapkan sistem buka tutup.

Anjungan Bali di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Anjungan Bali di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).

“(Kapasitas) 50 persen itu di dalam TMII sebenarnya masih lenggang ya. Masih leluasa, masih banyak ruang-ruang yang digunakan masyarakat,” ujar Adi.

Bagi wisatawan yang sudah melakukan pembelian tiket secara daring pada periode penutupan sementara, mereka dapat melakukan penjadwalan ulang hingga 31 Juli dengan menunjukkan bukti pembelian tiket di pintu masuk.

Baca juga: Teater Keong Emas TMII Buka Lagi, Hari Penayangan Film Dibatasi

Tutup setelah buka selama tiga hari saat lebaran

Sebelumnya, menurut Kompas.com, Sabtu (15/5/2021), TMII sempat beroperasi selama tiga hari pada periode lebaran.

Kendati demikian, pihak tempat wisata harus menutup kembali kawasannya guna mengikuti arahan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta.

Baca juga: Cara Reservasi Ulang Wisata TMII yang Buka Lagi 18 Mei 2021

Adapun, penutupan merujuk pada Surat Edaran Disparekraf DKI Jakarta Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani oleh Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya.

“Jadi selama penutupan sementara ini, yakni dua hari, kami akan melakukan penyemprotan disinfektan di semua area kawasan wisata TMII,” kata Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com